Hal Unik di Balik Crayon Shinchan


shinchan.gif

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan serial kartun berjudul “Crayon Shinchan”. Film ini mendapatkan popularitasnya di Indonesia, karena menampilkan kelucuan serta kenakalan seorang anak TK bernama Shinchan. Berikut adalah beberapa hal unik terkait “Crayon Shinchan” yang perlu Anda ketahui, dilansir dari Kaskus, Senin (17/2/2014).

“Crayon Shinchan” awalnya merupakan komik atau manga karya Yoshito Usui, yang kemudian dibuat menjadi kartun atau anime. “Crayon Shinchan” pertama muncul pada tahun 1990 secara mingguan di majalah Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Untuk srial animenya mulai ditayangkan oleh TV Asahi pada 13 April 1992. Di Indonesia, komik Shinchan diterbitkan oleh Indorestu Pacific (sebelumnya pernah pula diterbitkan Rajawali Grafiti dengan judul Crayon). Anime “Crayon Shinchan” juga ditayangkan di Indonesia melalui salah satu stasiun televisi swasta, setelah tayangan “Doraemon”.

Keluarga Nohara
Keluarga Nohara

Kini kita akan membahas tokoh-tokohnya. Tokoh dalam serial ini terdiri dari Keluarga Nohara, Murid-murid dan Guru-guru TK Aksi serta tokoh lainnya. Keluarga Nohara terdiri dari Shinnosuke Nohara (Shinchan), Misae Nohara (ibu Shinchan), Hiroshi Nohara (ayah Shinchan), Himawari Shinchan (adik Shinchan), dan Shiro (anjing peliharaan Shinchan).

1. Shinnosuke Nohara alias Shinchan merupakan seorang murid TK berusia 5 tahun yang gemar menirukan tingkah laku orang dewasa, menyukai berbagai serial anak-anak di televisi, serta sering merayu wanita dewasa yang cantik.
2. Misae adalah seorang ibu rumah tangga yang sering dibuat jengkel karena kenakalan Shin-chan. Dia sangat suka dengan diskon, brosur, dan perhiasan.
3. Hiroshi, adalah seorang pegawai dan kepala keluarga. Dia bisa dibilang takut istri dan tunduk kepada Misae.
4. Himawari, merupakan adik yang mirip dengan kakaknya, dimana dirinya sangat suka melihat lelaki tampan. Anak ini juga sangat senang sengan perhiasan dan semua benda-benda yang berkilau.
5. Shiro, anjing kesayangan Shinchan, berwarna putih dan pendiam.Shiro merupakan seekor anjing yang dibuang oleh pemiliknya, dan dipungut oleh Shinchan. Shiro adalah anjing yang cerdas sekaligus bodoh. Kebodohan terbesarnya adalah kenapa dia tidak meninggalkan Shinchan, padahal Shiro selalu dijadikan kambing hitam dan korban kekerasan dari kelakuan Shinchan.

Tokoh dari TK Aksi atau Futaba Youchien di versi animenya, terdiri dari teman-teman Shinchan yaitu Tooru Kazama, Nene Sakurada, Masao Sato, Bo, dan Ai. Sementara guru-gurunya yaitu Midori Yoshinaga, Ume Matsuzaka, Bunta Takakura (Kepala Sekolah), Atsukurushi (pengganti Yoshinaga), dan Akeo. Ada pula tokoh pendukung lain seperti Pahlawan Bertopeng atau Action Kamen, dan Yonro.

1. Toru Kazama, adalah teman sekelas Shinchan yang suka sok tahu dan pamer kekayaan.
2. Nene Sakurada, atau Nana di versi Indonesianya, merupakan anak perempuan tetangga Shinchan. Setiap kali Shinchan berkunjung ke rumahnya ia selalu membuat jengkel ibu Nene. Nene paling suka dengan permainan ‘pura-pura’/ ‘keluarga bahagia’.
3. Masao Sato, merupakan anak yang penakut dan paling suka melakukan pekerjaan bersih-bersih. Masao tidak pernah bisa menolak jika Nene mengajaknya bermain ‘pura-pura’/ ‘keluarga bahagia’.
4. Bo, adalah anak yang sangat pendiam. Dia hampir tidak pernah bicara dan selalu terlihat ingusan, Tetapi dia tidak pernah merasa terganggu dengan keberadaan ingusnya itu. Dia juga suka mengkoleksi bebatuan berbentuk aneh.
5. Ai, adalah seorang anak perempuan cantik yang berasal dari keluarga kaya di Tokyo. Tujuannya bersekolah di TK Aksi adalah untuk melihat kehidupan rakyat biasa. Semua jatuh cinta padanya, kecuali Shinchan, yang membuat Ai justru tertarik dengan Shinchan. Dalam komik versi Indonesia, nama Ai diganti menjadi Masako.

Nene, Toru, Shinchan, Masao dan Bo
Nene, Toru, Shinchan, Masao dan Bo

6. Midori Yishinaga, guru Shin-chan. Ia selalu bersaing dengan guru lainnya, Ume Matsuzaka. Setelah menikah dengan Junichi Ishizaka, nama belakangnya berubah menjadi Midori Ishizaka.
7. Ume Matsuzaka, teman sekaligus musuh bebuyutan Yoshinaga. Ia adalah guru dari kelas tetangga Shin-chan, kelas Mawar. Setelah 24 tahun melajang, akhirnya ia berpacaran dengan seorang dokter ahli tulang.
8. Bunta Takakura, adalah kepala sekolah TK Aksi. Dirinya sering dipanggil Kumicho (boss Yakuza) oleh Shinchan, karena wajahnya yang seram layaknya Yakuza. Namun sebenarnya ia adalah seorang pria yang baik hati.
9. Atsukurushi, merupakan guru pengganti guru Yoshinaga ketika cuti hamil. Dia sangat suka dengan hal-hal yang panas, namun phobia dengan kelinci. Dalam bahasa Jepang, Atsukurushi berarti panas sekali.
10. Akeo, adalah seorang guru pengganti Ume Matsuzaka ketika patah tulang di TK Aksi. Bu guru Akeo adalah orang yang kurang percaya diri. Dia hanya bisa mengutarakan isi hatinya apabila kacamatanya dilepas.

Pahlawan Bertopeng, atau Action Kamen, merupakan tokoh idola Shinchan. Tokoh ini merupakan parodi dari tokoh tokusatsu Jepang, seperti Ultraman atau Kamen Rider (Ksatria Baja Hitam di Indonesia). Sementara Yonro merupakan tetangga Keluarga Nohara saat pindah rumah ke apartemen ketika rumahnya direnovasi.

Rumah yang dihuni Shinchan sekarang dibeli karena lebih luas dibandingkan tempat tinggal sebelumnya, yang berupa apartemen. Ketika Shinchan masih berusia kurang dari 1 tahun, dirinya kerap kali berlari kesana kemari, bahkan membentur tembok karena ruang apartemennya cukup sempit.

Rumah Shinchan
Rumah Shinchan

Akhirnya Hiroshi dan Misae membeli rumah yang bisa dicicil selama 32 tahun. Dari situ Keluarga Nohara mulai mengenal tetangga-tetangganya, yang kerap kali muncul di dalam komik maupun animenya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
104
Love
OMG OMG
92
OMG
Yaelah Yaelah
22
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
13
Keren Nih
Ngakak Ngakak
43
Ngakak