Solowheel, Transportasi Individu Yang Unik


Apakah Anda tahu tentang sepeda berroda satu yang disebut dengan Unicycle? Sepeda ini biasanya di pakai di sirkus-sirkus dimana si badut melakukan atraksi lempar bola sambil menaiki sepeda ini. Karena dibutuhkan suatu kemampuan tersendiri untuk menaiki Unicyle maka sepeda beroda satu tersebut tidak direkomendasikan sebagai alat transportasi. Bagaimana pendapat Anda jika konsep sepeda dengan satu roda ini dipakai untuk menjadi sebuah alat transportasi. Ribet. Satu kata langsung meluncur.

Namun ternyata tidak. Dengan polesan teknologi dan kecanggihan segala sesuatu yang tadinya mustahil digunakan menjadi suatu penemuan luar biasa, unik dan tentu saja berguna. Ya, alat transportasi unik beroda satu yang tercipta bernama Solowheel. Berbeda dengan sepeda roda satu yang mengharuskan kaki mendayung pedal sambil menyeimbangkan tubuh, Solowheel meluncur dengan mulus tanpa harus mengayuh dengan susah payah. Karena memang dijalankan dengan kekuatan baterai yang dapat diisi ulang.

Unicycle Dipakai Seorang Badut
Unicycle Dipakai Seorang Badut

Solowheel didesain dan dibuat oleh Shane Chen, 54, yang merupakan pembuat beberapa produk olahraga untuk perusahaan dimana dirinya bekerja yakni Inventist. Alat tersebut memiliki berat sebesar 11 kg dengan dimensi 43 x 48 x 13 cm.

Inventist mengklaim bahwa produk ini merupakan produk paling kecil, ramah lingkungan dan alat transportasi paling mudah digunakan yang pernah ditemukan.

Alat transportasi individu ini sangat cocok digunakan untuk menggantikan kegiatan berjalan maupun berkendara dengan jarak yang dekat. Solowheel memiliki mesin berkekuatan 1000 watt yang mampu mencapai kecepatan 12 meter per jam. Jadi alat transportasi ini digunakan untuk keadaan santai sambil menikmati pemandangan tanpa harus merasa pegal dikaki.

Solowheel
Solowheel

Pengendara akan menaiki Solowheel dengan posisi berdiri seperti sedang menaiki skateboard atau skuter. Alat ini tidak memiliki tempat duduk ataupun pegangan, melainkan seseorang hanya berdiri diatas kedua tumpuan kaki disebelah roda bulat Solowheel. Jika tubuh bergerak condong kedepan maka Solowheel akan berjalan lurus kedepan, kemudian jika bergerak condong kebelakang maka Solowheel akan melambat dan berhenti. Kalau Anda ingin berbelok tinggal menggerakkan tubuh kekanan atau kekiri. Semakin condong kedepan maka Solowheel akan bergerak lebih cepat. Hal diatas dimungkinkan terjadi karena sensor gyroscope telah dibenamkan didalamnya.

Baterai yang dipakai untuk menghidupkan Solowheel adalah baterai jenis lithium ion yang dapat diisi ulang dalam kurun waktu 45 menit, namun pengendara dapat menghemat pemakaian baterainya saat mengurangi kecepatan maupun menuruni tanjakan. Baterai tersebut akan bertahan selama 2 jam atau setara dengan jarak tempuh 19 kilometer.

Menjajal Solowheel
Menjajal Solowheel

Walaupun diklaim menjadi suatu alat transportasi yang mudah dikendarai, melihat tidak adanya pegangan saat melakukan gerakan-gerakan condong tersebut menyebabkan perlunya latihan adaptasi untuk mengendarai Solowheel karena yang ada disinlah kemampuan untuk menjaga keseimbangan dibutuhkan.

Konsep dari Solowheel benar-benar sesuatu yang sangat unik dimana memungkinkan kita meluncur di mall, restoran, toko, maupun di kantor.  Tampaknya alat ini tidak akan mudah diterima oleh masyarakat awam. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadinya fenomena dimana nanti ada saatnya semua manusia menggunakan alat semacam Solowheel untuk berkendara kemanapun. Karena kenyataannya kendaraan seperti ini pernah terlihat di film-film bertema futuristik dimana manusia bisa berpindah-pindah secara mudah tanpa harus berjalan kaki.

Kebanyakan orang masih menggolongkan Solowheel ke dalam kelompok mainan dibandingkan alat transportasi. Bagi yang tidak sabar mencobanya bulan depan dikabarkan Solowheel akan dilempar ke pasaran dengan harga sekitar £975 atau sekitar Rp. 13.000.000. Bagaimana Anda tetarik? Atau lebih suka berjalan kaki saja?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak