Antipasto, Makanan yang Membangkitkan Selera Makan

Sebuah masakan, terutama masakan Perancis, biasanya menyajikan makanan pembuka sebelum makanan utamanya tiba. Hal tersebut ternyata juga dilakukan di restoran-restoran Italia. Sebelum makanan utama disajikan, Anda akan disuguhkan dengan sebuah piring yang berisikan daging olahan, keju, ikan asap, sayuran, olive, dan keju.

Makanan tersebut dikenal dengan nama Antipasto. Dilansir Detik, Kamis (20/2/2014), secara harafiah, Antipasto berarti “sebelum makanan”. Karena itulah, makanan ini disajikan untuk membangkitkan selera makan begitu makanan utamanya tiba.

Dalam menu tradisional Italia, pilihan Antipasto antara lain adalah daging olahan, sayuran berbumbu, buah zaitun, pepperoni, dan berbagai keju seperti mozzarella segar. Makanan lain yang bisa ditambahkan pada makanan ini antara lain anchovy, roti panggang, bruschetta yang ditumpuk dengan daging atau keju. Selain itu di atas Antipasto seringkali diberi minyak zaitun sebagai penambah aroma.

Meskipun menu ini memiliki berbagai macam pilihan makanan yang bisa ditambahkan, sebaiknya Anda memilih 2 atau 3 jenis makanan saja, untuk menghindari kekenyangan karena masih ada makanan utama yang akan dihidangkan, yang tentunya akan lebih lezat lagi. (tom)