Gerakan Sensual Girlband K-Pop Mulai Dibatasi Pemerintah Korsel

00046778

Grilband K-Pop di tahun 2014 ini terlihat semakin banyak yang mengandalkan gerakan sensual di video klipnya untuk menarik minat pasar. Melihat hal ini, Korean Communications Standars Comission (KCSC) akhirnya mengambil langkah tegas. Mereka melarang adanya gerakan sensual dalam koreografi musik apapun.

Dilansir WowKeren, Jumat (21/2/2014), beberapa girlband K-Pop yang mengusung konsep seksi untuk menarik perhatian fans di bulan Januari dan Februari ini antara lain adalah Dal Shabet, Girl’s Day, AOA, Rainbow, dan Stellar. Sebelumnya, Dal Shabet pernah terpaksa mengubah koreografi dan kostum lagu “Be Ambitious” karena dianggap terlalu sensual.

Untuk mencegah video dengan gerakan sensual itu menyebar lebih jauh, KCSC telah memperingatkan sejumlah staf TV seperti SBS “Inkigayo”, KBS “Music Bank”, dan MBC “Music Core”. Untuk kedepannya, para girlband ini kemungkinan akan diminta untuk mengganti kostum seksi mereka sekaligus koreografinya supaya video klip mereka tidak di-banned alias dilarang.

Menurut KCSC, gerakan sensual para musisi muda itu sudah melewati batas dan dikhawatirkan bisa memberi pengaruh buruk ke generasi muda. Terkait pembatasan ini, para pengguna internet ada yang setuju, ada juga yang tidak. Beberapa ada yang menganggap peraturan itu sudah terlambat karena banyak di antara gilrband tersebut yang sudah menyelesaikan masa promosinya. (tom)