VIDEO: Unik, Ada Batu Bisa Berdering


Di Rocks County Park, Pennsylvania, Anda bisa menemukan sekumpulan batu yang bisa berdering. Tersebar di area seluas tujuh sampai delapan hektar, batu-batu itu dapat menghasilkan suara dering yang khas, bila dipukul dengan palu atau sepotong batu.

Fenomena aneh ini sempat membingungkan para ilmuwan dan ahli geologi selama bertahun-tahun. Richard Faas, seorang ahli geologi dari Pennsylvania, pernah melakukan uji coba pada beberapa batuan itu di laboratoriumnya pada tahun 1965, seperti dikutip Merdeka.com, Senin (3/3/2014)

Dia menemukan bahwa ketika batu-batu itu dipukul, masing-masing batu akan menghasilkan nada frekuensi rendah yang berinteraksi satu sama lain. Akhirnya, suara itu bisa didengar oleh telinga manusia. Mereka terbuat dari bahan vulkanik yang disebut diabas yang terdiri dari besi dan mineral keras lainnya.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa adanya reaksi stres dalam batuan tersebut memicu munculnya suara berdering. Sebagian besar dari batuan itu diidentifikasi sebagai hasil dari longsoran gunung. Tetapi, area tempat batuan itu berada terletak di atas bukit, bukan di bawah lereng gunung. Selain itu, hampir tidak ada vegetasi atau tanaman yang hidup di area batuan tersebut.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak