VIDEO: Fenomena Cahaya Jatuh dari Langit


Musim dingin tahun ini membawa rekor hujan salju di daerah Tokyo, Jepang. Namun, hawa dingin ini sudah biasa dirasakan bagi warga Jepang utara. Meskipun ibukota sedang gempar dilanda salju, Kota Hokkaido tetap menikmati cuaca yang sama persis seperti di Tokyo.

Terlebih, mereka punya hiburan tersendiri karena ada pilar-pilar cahaya di tengah salju. Alhasil, fenomena ini pun sangat berharga di Hokkaido, seperti dikutip Viva.co.id, Jumat (7/3/2014).

Pilar-pilar indah di Hokkaido itu direkam oleh Shinji Kawamura selaku videografer profesional. Kali ini, kameranya membidik cahaya matahari yang menyorot kristal-kristal ke arah tanah. Pemandangan cantik ini menghasilkan rona-rona jingga di sekitarnya.

Fenomena tersebut dikenal sebagai light pillar atau pilar matahari. Pada musim dingin, uap air di udara akan membentuk kristal es heksagonal. Angin akan berhembus berhari-hari sehinggga kristal jatuh. Tapi ketika angin tenang, kristal akan melayang-layang perlahan menuju bumi.

Kristal itu bertindak sebagai reflektor jika matahari mengintip dari celah awan. Saat itulah, matahari akan membentuk satu kolom kristal. Kesempatan melihat pilar matahari tertinggi adalah ketika sang surya terbit dan terbenam. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak