The Bird Trainer, Boneka Mekanik Seharga 6 Juta Dolar


L’Oiseleur atau The Bird Trainer adalah salah satu boneka termahal di dunia. Harga boneka ini mencapai 6.250.000 dolar. Boneka setinggi 4 kaki ini merupakan boneka automaton buatan Christian Bailly, seorang ahli dalam bidang automata.

Automaton sendiri adalah sebutan untuk mesin yang beroperasi tanpa peralatan elektronik atau bahan bakar. Alat seperti ini menggunakan energi mekanik semata sebagai sumber pergerakannya, seperti dikutip Merdeka.com, Jumat (14/3/2014)

Bentuk boneka ini menyerupai pria muda Eropa dari zaman Renaisans dengan pedang tersarung di pinggang, seruling di tangan, dan seekor burung kecil di pundak.

Namun, saat boneka ini mulai bergerak, Anda akan takjub dibuatnya. Pasalnya, boneka ini akan menggerakkan seruling ke mulutnya, lalu memainkan lagu Marche des Rois karya Georges Bizet.

Jemarinya menari-nari di atas seruling dan matanya bergerak-gerak selagi musik mengalun. Kemudian dua ekor burung, satu bertengger di pundaknya dan yang lain hinggap di tangan akan bergerak-gerak seolah mengikuti irama lagu.

Boneka ini bisa bergerak layaknya boneka dengan bahan bakar listrik dan baterai karena rangkaian rumit roda, per, dan mur yang bergerak secara bersamaan. Secara keseluruhan ada 2.340 bagian berlapis baja yang menyusun L’Oiseleur. Sementara setiap burung terdiri dari 62 bagian. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak