Toba Hidden Paradise Night


by : Sumatera Wonder Trips

Saturday, 12 Apr 2014 , 5:00 pm – 9:00 pm
Ngopi-Ngopi Yok Coffee Shop – Jl. Karya Wisata No. 71 (Depan Candika Pramuka) – Medan

â??Toba Hidden Paradise Nightâ? adalah tema yang dipilih untuk memperkenalkan beberapa wilayah di sekitar Danau Toba yang belum banyak dikenal selama ini. Ada berbagai potensi alam, budaya, dan keterampilan yang dimiliki masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Lumban Julu, Tobasa. Sayangnya potensi ini belum cukup tergali dan diperkenalkan kepada masyarakat. Melalui â??Toba Hidden Paradise Nightâ?, masyarakat Medan dapat melihat secara ringkas potensi-potensi tersebut.

 

Untuk memperkenalkan berbagai potensi tersebut, pada â??Toba Hidden Paradise Nightâ? akan ditampilkan dan dipamerkan:

 

1. Produk kuliner dan makanan khas masyarakat Batak.

 

Potensi alam berupa Danau merupakan sumber alami bagi terciptanya kuliner khas masyarakat Batak yang berupa masakan berbahan dasar ikan. Selain makanan khas seperti naniura, masyarakat di sekitar Danau Toba juga mempunyai berbagai resep kuliner lainnya yang diambil dari alam di sekitar mereka. Beberapa produk kuliner khas masyarakat di Kecamatan Lumban Julu seperti: naniura, pegagan, mi gomak, dan roti ketawa.

 

2. Produk kerajinan tangan etnik Batak.

 

Selain bertani, masyarakat di sekitar Danau Toba juga mengolah hasil bumi menjadi bahan kerajinan. Selama ini produk-produk buah karya mereka kurang dikenal masyarakat. Keberadaannya juga sulit dicari. Melalui acara Toba Hidden Paradise Night ini, Sumatera Wonder Trips ingin memperkenalkan berbagai varian kerajinan khas Batak tersebut, sekaligus membuka peluang distribusi produk tersebut. Selain ulos, ada beberapa kerajinan tangan khas masyarakat Batak, seperti replika rumah Batak, pigura dengan motif gorga, dan gantungan kunci.

 

3. Pertunjukan seni dan budaya.

 

Danau Toba dan keindahan alam di sekitarnya telah menginspirasi banyak orang untuk menghasilkan karya seni dan budaya. Tarian, drama, musik, diciptakan sebagai bagian dari ritual religi dan budaya yang terus dipelihara hingga kini. Nilai dan filosofi yang terkandung di dalamnya juga terpengaruh dari lingkungan dan masyarakat di mana seni dan budaya tersebut muncul dan berkembang. Toba Hidden Paradise Night akan menampilkan berbagai performance yang menuturkan kehidupan alam dan masyarakat di sekiitar Danau Toba.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak