Pulut Nasi, Makanan Tradisional yang Terlupakan


Makanan Indonesia banyak ragamnya, terutama makanan tradisional. Sayangnya, makanan tradisional tersebut kini semakin langka dan terlupakan. Salah satunya adalah Pulut Nasi.

Pulut nasi merupakan makanan tradisional khas Kutai yang dibungkus dengan daun pisang yang dilipat ke tengah dari kedua sisinya. Pulut nasi terbuat dari nasi yang dicampur dengan santan kental dan diberi isian sayur-sayuran yang tak beda jauh dengan panganan asal Jawa yaitu lontong.

Cara membuat pulut nasi pun cukup mudah. Dilansir Liputan6, Sabtu (15/3/2014), makanan ini berbahan dasar beras dan santan yang dibumbui sedikit garam. Santan yang digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu santan kental dan santan encer. Ketiga bahan ini dibungkus daun pisang lalu dikukus selama dua jam.

Tekstur yang lunak dan gurih serta rasa isian sayur yang pedas membuat pulut nasi cocok disajikan untuk sarapan, apalagi jika diguyur dengan sambal kacang. Sambal kacang ini menambahkan rasa pedas sekaligus memperkuat rasa gurihnya. Di Kutai pulut nasi bisa dijumpai selepas subuh di sekitar jembatan dekat Pasar Seni Tenggarong atau di pasar-pasar tradisional.

Bagi Anda yang berada di Jakarta namun ingin mencoba makanan ini, maka Anda bisa datang ke pasar Subuh Senen, yang menjajakan pangan tradisional dari berbagai daerah. Pulut nasi yang dijual di pasar ini dibandrol dengan harga Rp 2 ribu saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak