Wow! Jamur Ini Berbentuk Otak Manusia


Baru-baru ini, ditemukan jamur yang mirip dengan otak manusia. Jamur bernama gyromitra esculenta, adalah salah satu dari spesies fungi yang dikenal sebagai jamur palsu.

Jamur ini bisa ditemui di Eropa dan Amerika utara. Biasanya, jamur ini tumbuh di tanah berpasir yang terletak di bawah pohon pada musim semi dan musim panas, seperti dilansir Merdeka.com, Selasa (25/3/2014)

Batang jamurnya memiliki bentuk yang aneh, menyerupai otak yang berwarna kecoklatan. Ukurannya bisa mencapai 10 sampai 15 sentimeter. Jamur ini sebenarnya beracun, tetapi justru menjadi bahan makanan di daerah Skandinavia, Eropa Barat, dan Amerika Utara.

Di Bulgaria, jamur otak cukup populer sebagai bahan makanan sehari-hari. Di Jerman, Spanyol, dan Swiss penjualannya sudah dilarang oleh pemerintah, tetapi penduduknya sendiri masih banyak yang mengonsumsi jamur tersebut.

Di Swedia perdagangan jamur ini hanya dibatasi untuk distribusi ke restoran-restoran tertentu. Sementara di Finlandia jamur otak masih boleh diperdagangkan tetapi dengan aturan yang ketat.

Di bagian pegunungan Pyrenea, Spanyol jamur ini justru dijadikan makanan lezat. Sebelum menjadikan jamur otak sebagai masakan, gyromitrin, bagian dari jamur yang beracun harus dihilangkan dulu. Lantaran itu jamur otak harus dikeringkan terlebih dahulu, kemudian direbus.

Tetapi ada juga yang lebih suka memasak jamur otak dalam keadaan segar. Biasanya jamur tersebut diiris kecil-kecil, direbus dua kali, kemudian dibilas dengan air. Cara tersebut juga manjur untuk menghilangkan gyromitrin dalam jamur otak. Meskipun begitu, bukan berarti racunnya sudah hilang sepenuhnya. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak