Film Baru Lukman Sardi Angkat Tragedi Mei 1998


Sejarah jatuhnya pemerintahan orde baru Soeharto rupanya akan diangkat ke layar lebar. Lukman Sardi merupakan salah satu orang yang terlibat dalam produksi film tersebut.

Rencananya film tersebut akan diberi judul Di Balik Pintu Istana. “Tentang kejadian Mei ’98, judulnya Di Balik Pintu Istana, tahun ini tayang. Masih post produksi,” kata Lukman, seperti dikutip Kapanlagi, Jumat (28/3/2014)

Namun, Lukman membantah jika film tersebut kental warna politis. Ia menyebut film ini hanya melakukan pendekatan dari sudut pandang kemanusiaan saat terjadi reformasi.

“Nanti ceritanya saat reformasi, kejatuhan Soeharto. Nggak riskan seharusnya, karena ini film kemanusiaan, humanity. Tentang hope. Sebuah harapan yang berantakan karena peristiwa itu. Kalau politis mungkin riskan,” lanjutnya.

Lukman mengatakan, mungkin sebagian masyarakat lebih mengetahui dampak-dampak secara politis atas peristiwa tersebut. Ternyata masih banyak cerita-cerita kemanusiaan yang masih terpendam.

“Ada orang yang lumayan dekat dengan gue, mengalami peristiwa itu. Belum jauh, dan banyak juga yang ga tahu. Akan lebih gampang riset. Karena pelaku sejarah banyak yang masih hidup,” tukasnya.

Selain menghadirkan saksi hidup dari kejadian tersebut, Lukam juga melakukan berbagai riset dengan beberapa buku. “Banyak baca buku di samping riset, interview pelaku sejarah, juga orang-orang biasa yang terlibat,” tutupnya. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak