in

Uniknya Memancing dengan Berang-berang di Bangladesh

Memancing ikan biasanya akan menggunakan cacing sebagai umpannya. Namun di Bangladesh, para nelayan justru memakai salah satu hewan mamalia yakni berang-berang untuk menarik perhatian ikan agar masuk dalam perangkap jala yang telah disediakan.

Berang-berang ini bukanlah dijadikan sebagai umpan melainkan hanya daya tarik agar ikan yang akan ditangkap berhasil masuk dalam jala. Tradisi ini sudah terjadi selama ratusan tahun.

Dilansir WowKeren, Jumat (28/3/2014), para nelayan akan mengikat dua hingga tiga ekor berang-berang pada sebuah tongkat bambu. Setelah itu, mereka akan menurunkan hewan tersebut ke sungai dan memasang jala di sekitarnya. Berang-berang yang masuk ke air, otomatis akan menggerakkan ekornya dan menimbulkan percikan yang dapat menarik perhatian ikan di sekitar untuk naik ke atas permukaan hingga akhirnya masuk dalam jala.

Teknik memancing dengan berang-berang ini biasanya dilakukan saat tengah malam hingga waktu subuh. Para nelayan mengaku mampu menangkap 4 hingga 12 kg ikan setiap harinya. Dari situ setiap nelayan bisa mendapatkan uang sebesar USD 250 (sekitar Rp 2,8 juta) per bulannya. Ingin menocba memancing dengan cara yang unik ini? Datang saja ke Bangladesh. (tom)