Yuk, Kunjungi Pulau Terkecil di Dunia


Mungkin Anda pernah mengunjungi pulau yang termasuk ke dalam salah satu pulau terbesar di dunia. Namun bagaimana dengan pulau terkecil di dunia? Mungkin Anda belum pernah mengunjunginya.

Pulau terkecil di dunia adalah Bishop Rock, yang terletak sekitar 48 km dari daratan Inggris. Panjangnya hanya 46 meter dan lebar 16 meter, menjadikannya masuk ke dalam buku Guinness World Records.

Bishop Rock
Bishop Rock

Dilansir CNN Travel, Sabtu (29/3/2014), meskipun memiliki ukuran pulau yang kecil, pulau ini memiliki mercusuar setinggi 49 meter. Mengapa pulau terkecil di dunia ini justru punya mercusuar? Jawabannya adalah sejarah kelam di masa silam. Pada sekitar abad ke-16, banyak kapal Inggris yang tenggelam saat melintasi pulau batu karang tersebut. Gelombang laut di sekitar pulaunya memang ganas dan arusnya cukup kuat.

Bishop Rock
Bishop Rock

Sejarah mencatat, kecelakaan yang paling mengerikan adalah karamnya kapal armada Inggris di bawah pimpinan Sir Cloudesley Shove pada tahun 1707. Kapal itu menabrak pulaunya dan tenggelam serta menewaskan 2 ribu pasukan.

Bishop Rock
Bishop Rock

Pasca kecelakaan itu, pemerintah Inggris menunjuk Trinity House, sebuah badan pemerintah yang mengurus mercusuar di perairan Inggris dan bertanggung jawab pada navigasi laut untuk membuat mercusuar demi keselamatan kapal yang berlayar di sana.

Untuk bisa mengunjungi pulau ini, Anda harus mempersiapkan kocek sekitar 16 Poundsterling atau sekitar Rp 252 ribu, untuk mengikuti tur dari St Mary’s Boatmen’s Association di Kepulauan Scilly, dan Anda akan diajak naik kapal untuk melihat Pulau Bishop Rock dari dekat. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak