BAGIKAN

by : Gelar Nusantara
Jumat, 11 Apr 2014 – Minggu, 13 Apr 2014

Poster The Mask on Location
Poster The Mask on Location

[Program ini dipersembahkan oleh Gelar didukung oleh National Geographic Traveler]

Sebagian besar dari suku dan etnis di Indonesia memiliki tradisi topeng dengan beragam bentuk dan fungsi. Tradisi topeng ini telah mengakar sejak zaman pra-sejarah dimana rekam-jejaknya masih bisa dirasakan hingga kini. Tema cultural trip The Mask on Location akan mengajak peserta mengenal beragam tradisi (tari) topeng Nusantara terutama yang keberadaannya mulai langka dan berpotensi mengalami kepunahan. Sebuah tradisi topeng juga ditemukan di daerah Slawi, kabupaten Tegal, bernama Endhel. Topeng Endhel memiliki karakter yang genit, kenes, penuh dinamika, sesuai dengan namanya. Berbeda dengan topeng Betawi atau Priangan yang mengambil siklus cerita Panji, topeng endhel mengambil cerita epik kuno Mahabharata, ditarikan oleh seorang penari tunggal yang berganti-ganti topeng. Di masa silam, kelompok topeng yang amat digemari dan dinanti masyarakat ini akan berkeliling dari satu desa ke desa lainnya baik untuk ritual maupun hiburan.

BIAYA :
Rp. 3.000.000,- /orang (1 kamar berdua)
Biaya sudah termasuk :
Transportasi dari Jakarta-Tegal-Jakarta, transportasi lokal, akomodasi 3 hari 2 malam, makan selama trip, narasumber lokal, donasi keberlanjutan seni budaya tradisi dan berlangganan majalah National Geographic Traveler selama 6 bulan.
Biaya tidak termasuk :
Transportasi dari tempat asal peserta ke meeting point yang ditentukan, kargo, tur tambahan, kelebihan bagasi, laundry dan pengeluaran pribadi lainnya.

Meeting point : Jakarta

INFORMASI PROGRAM & PENDAFTARAN :
[email protected] | 0812-90188682
www.gelarculturaltrip.com
Twitter : @gelar_nusantara

Apa Komentarmu