Sinseollo, Makanan Kerajaan Korea Selatan


Bagi Anda penggemar kuliner, terutama kuliner asal Negeri Ginseng Korea Selatan, maka Anda harus mencoba makanan yang bernama Sinseollo. Makanan tersebut bisa menjadikan Anda bagai raja karena Sinseollo sendiri merupakan makanan kerajaan Korea Selatan.

Sinseollo
Sinseollo

Dilansir Yukpegi, Sabtu (5/4/2014), makanan ini juga disebut dengan Yeolgujatang yang berarti sup yang membuat mulut bahagia. Sajian ini diperkenalkan pada masa Dinasti Qing, Cina di masa Dinasti Joseon. Pada saat itu, oleh punggawa kerajaan hidangan ini dimodifikasi sesuai dengan budaya Joseon dan menjadi makanan untuk pesta.

Saat ini, Sinseollo menjadi masakan Korea yang bergizi, lezat, dan berpenampilan menarik. Sebenarnya, hidangan ini digunakan untuk menyebut piring yang digunakan para koki untuk menata hidangan. Piring yang digunakan berbahan perak dengan ukuran besar dan berlubang di tengah. Lubang tersebut digunakan sebagai tempat bara panas untuk menjaga agar hidangan tetap hangat sepanjang jamuan makan.

Sinseollo
Sinseollo

Masakan ini awalnya hanya terdiri dari sayuran, sementara bahan ikan dan daging baru ditambahkan beberapa tahun kemudian setelah racikan ini ditemukan. Bahan makanan yang disusun dalam piring atau wadah tersebut dapat mencapai 25 jenis seperti babi, ayam, sapi, burung, ikan, teripang, abalon dan berbagai macam sayuran, serta ditambahkan kuah kaldu sapi.

Agar keindahan masing-masing bahan tetap terjaga, setiap bahan yang ditata dalam wadah harus dipotong dengan ukuran yang sama. Misalnya telur dadar kuning, putih, dan yang dicampur jamur harus dipotong dengan dimensi 2 x 5 cm. Demikian halnya dengan wortel yang juga memiliki ukuran sama dan tebal 0,5 cm.

Anda dapat menikmati hidangan khas kerajaan ini di Restoran The Palace Beyond, Busan, Korea Selatan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak