Fraser Island, Pulau Pasir Terluas di Dunia


Indonesia memiliki beberapa pulau pasir, seperti Karimunjawa atau Belitung. Negara tetangga kita, Australia, juga tampaknya tidak mau kalah, karena negara tersebut ternyata juga memiliki pulau pasir, bahkan terluas di dunia.

Fraser Island
Fraser Island

Pulau pasir tersebut bernama Fraser Island. Pulau tersebut merupakan pulau pasir terluas di dunia versi Guinness World Records, dengan panjang 120 km dan luasnya 163 ribu hektar.

Turis sedang berjalan di Fraser Island
Turis sedang berjalan di Fraser Island

Dilansir Detik, Kamis (10/4/2014), selain hamparan pasir yang luas, pulau ini juga memiliki hutan hujan di atas bukit pasir setinggi di atas 200 meter dari permukaan laut. Hutan hujan yang tumbuh di atas pasir tersebut juga hanya ada satu-satunya di dunia. Di bagian tengah pulau, terdapat 100 lebih danau berair sejernih cermin. Danau yang paling terkenal adalah Danau McKenzie. Tepian danaunya terbentang hamparan pasir putih luas dan halus. Lalu air danaunya bergradasi antara biru tua dan biru muda. Air danaunya yang jernih selalu menggoda traveler yang datang untuk berenang.

Hutan hujan di Fraser Island
Hutan hujan di Fraser Island

Beberapa kawasan di Fraser Island juga memiliki panoramanya masing-masing. Di Selat Great Sandy, Anda bisa melihat dugong dan penyu yang berenang bebas di lautan. Kalau di Pantai Hervey, Anda bisa menyaksikan kurang lebih 1.500 ekor kawanan paus yang melintas. Di kawasan Indian Head di timur Fraser Island, Anda bisa melihat lumba-lumba, hiu dan paus. Bagi Anda yang suka menyelam, dunia bawah laut di Freaser Island juga menjadi habitat ikan manta. Selain hewan laut, pulau ini juga didiami oleh beberapa hewan darat, seperti 200 spesies burung, reptil, kelelawar, tupai dan fauna lainnya yang bisa Anda temui saat menjelajah hutan hujannya.

Fraser Island
Fraser Island

Untuk bisa ke sini, Anda harus naik mobil selama 3 jam dari Brisbane lalu disambung naik kapal feri untuk tiba di Fraser Island. Tenang saja, ada banyak tur operator yang menawarkan paket ke Fraser Island di Australia, seperti Fraser Island Adventure Tours, Cool Dingo Tour, Fraser Free tour, Fraser Island Tour, dan masih banyak lagi. Kisaran harganya mulai dari AU$ 80 hingga AU$ 415 atau sekitar Rp 846 ribu hingga Rp 4,3 juta, tergantung berapa lama perjalanan yang Anda inginkan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak