Sariawan Bukan Diakibatkan oleh Kekurangan Vitamin C

open mouth

Banyak orang percaya kalau sariawan bisa muncul karena kekurangan vitamin C. Hal ini kemudian dibantah oleh ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM. Ia mengatakan, sariawan muncul karena banyak faktor dan bukan karena kekurangan vitamin C.

“Penyebab sariawan itu biasanya ada faktor genetik (keturunan) dan ditambah pemicu lain seperti stres dan trauma, kelelahan, hormonal, anemia, alergi, gangguan imunitas, defisiensi nutrisi dan gangguan pencernaan,” kata Harum seperti dilansir dari Liputan6, Kamis (17/4/2014).

Selain itu, Harum menegaskan, sariawan bukan diakibatkan kekurangan vitamin C seperti yang masyarakat masih percayai hingga saat ini. “Kekurangan vitamin C tidak menyebabkan sariawan melainkan dapat membuat gusi berdarah atau Gingivitis kronis (peradangan gusi). Jadi vitamin C tidak berkaitan dengan sariawan,” jelas Harum.

Harum juga menambahkan bila Anda mengalami sariawan, maka Anda lebih baik mengonsumsi vitamin B seperti B1, B6, B12 dan asam folat. (tom)