Jagung Ini Punya Biji Warna-warni Mirip Permata


Siapa sangka, ternyata ada sebuah Jagung dengan biji berwarna-warni yang tampak seperti rangkaian manik-manik dari kaca. Inilah jagung permata kaca yang merupakan hasil dari varietas tanaman jagung khusus. Dinamai demikian karena biji jagung ini tampak seperti butiran permata dalam berbagai warna.

Tanaman jagung ini dikembangkan oleh Carl Barnes, petani Oklahoma. Dilansir Amusing Planet, Sabtu (19/4/2014), ia mengumpulkan bibit tanaman jagung dari berbagai varietas yang ia dapatkan dari kawan-kawannya yang tersebar dari berbagai daerah. Kemudian Barnes menanam bibit-bibit itu di ladangnya sendiri.

Awalnya ia tidak sengaja menemukan beberapa tanaman jagung miliknya yang menghasilkan buah dengan biji berwarna tidak biasa. Lalu, Barnes mengumpulkan biji-biji jagung berwarna aneh tersebut dan mencoba mengembangkannya menjadi varietas jagung baru. Berkat usaha dan percobaan selama bertahun-tahun, akhirnya Barnes berhasil menciptakan jagung dengan biji berwarna-warni layaknya permata.

Ketika Barnes sudah lanjut usia, ia menyerahkan koleksi biji jagungnya yang berharga tersebut kepada salah satu sahabatnya, Greg Schoen. Menurut Schoen, biji jagung berwarna-warni yang Barnes berikan merupakan hasil persilangan dari jagung Pawnee, jagung Osage berbiji merah, dan jagung Osage berwarna kelabu.

Jagung permata ini diciptakan Schoen dari hasil persilangan antara jagung berbiji biru-hijau dan jagung berbiji pink-ungu yang ia kembangkan pada tahun 2007.

Pada tahun 2010 Schoen menitipkan bibit jagungnya kepada Seeds Trust. Bill McDorman, pemilik Seeds Trust. Kemudian ia mengatur agar jagung permata kaca itu dijaga dan dilindungi melalui Native Seeds/SEARCH.

Ternyata jagung-jagung berwarna cantik ini rasanya tidak berbeda dengan jagung biasa, hanya teksturnya lebih keras. Karena itu jagung ini lebih cocok jika dijadikan tepung untuk bahan tortilla atau dijadikan pop corn. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak