The Grand Prismatic Spring, Sumber Air Panas Berwarna Pelangi


Jika dilihat dari atas, kolam raksasa bernama The Grand Prismatic Spring tampak sangat menakjubkan. Pasalnya, air didalam kolam ini memiliki warna seperti pelangi, merah, oranye, kuning, hijau, dan biru. Kolam pelangi yang cantik ini terletak di Wyoming, Amerika Serikat.

Kolam ini merupakan bagian dari Yellowstone National Park, Wyoming. Letaknya tepat di bagian Midway Geyser Basin, salah satu lembah sungai berisi air panas di Yellowstone National Park.

Grand Prismatic Spring memiliki luas yang berkisar antara 250 sampai 300 kaki. Kedalamannya mencapai 160 kaki. Setiap tahun sumber air panas tersebut akan melepaskan setidaknya 560 galon air panas bersuhu 160 derajat Fahrenheit setiap menit. Air di sana mendidih setiap waktu karena panas yang bersumber dari ventilasi bawah tanah yang merupakan bagian dari saluran vulkanik Yellowstone.

Dilansir City Data, Senin (21/4/2014), sumber air panas ini pertama kali ditemukan oleh para penjelajah Eropa pada tahun 1839. The Grand Prismatic Spring merupakan sumber air panas terbesar di Amerika Serikat dan terbesar ketiga di dunia setelah Frying Pan Lake di Selandia Baru dan Boiling Lake di Dominika.

Bagian tengahnya berwarna biru cerah, tampak seperti laut dalam. Bagian luarnya berwarna hijau dan kuning. Sementara sisi terluar berwarna merah seperti cairan lava gunung berapi. 

Warna merah tersebut berasal dari bakteri tertentu yang tubuhnya mengeluarkan pigmen berwarna merah. Saat musim panas, lapisan luar danau akan cenderung berwarna oranye atau merah. Sementara saat musim dingin warnanya akan berubah menjadi hijau gelap. 

Sedangkan, warna birunya bisa terjadi karena bagian tengah air danau yang sangat jernih dan dalam, sehingga mampu menyerap dan memantulkan warna biru dari spektrum warna di atmosfer. (nha)

 

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak