VIDEO: Burung Lyrebird, Burung Peniru Segala Jenis Suara


Burung asli Australia, Lyrebird, dapat dianggap sebagai bintangnya segala macam burung. Karena burung ini mampu menirukan sekitar 20 jenis suara burung lain. Bahkan burung tersebut dapat menirukan suara lainnya. Suara apa saja yang bisa ditirukan oleh burung ini?

Dilansir WowKeren, Senin (5/5/2014), suara lain yang mampu ditirukan burung ini antara lain adalah suara seperti jepretan kamera, alarm mobil bahkan gergaji mesin. Suara unik Lyrebird rupanya juga dimanfaatkannya untuk mencari pasangan. Namun tidak semua burung Lyrebird dapat meniru suara-suara tersebut, karena burung Lyrebird jantan yang bisa, sedangkan yang betina tidak begitu menyukai meniru suara-suara lain.

Lyrebird jantan sangat suka pamer kebolehannya meniru beberapa suara, terutama saat musim kawin untuk menarik perhatian betina. Saat mulai “menyanyikan” suara-suara tiruannya, Lyrebird akan merentangkan bulu ekornya yang sepanjang 71 cm. Semakin banyak jenis suara yang ditirukan Lyrebird jantan, semakin menarik perhatian sang betina.

Belum ada jawaban ilmiah yang jelas mengapa beberapa burung seperti Lyrebird dapat menirukan suara. Departemen Ilmu Burung Museum Australia, Jaynia Sladek, mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari bahasa burung. “Burung-burung tersebut menunjukkan bahwa mereka sangat hebat karena dapat meniru suara-suara lain,” kata Jaynia.

Penasaran seperti apa burung ini menirukan suara-suara? Anda bisa lihat videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak