Taha’a, Pulau yang Beraroma Vanilla


Anda pasti tak akan percaya jika ada pulau yang beraroma vanilla. Taha’a atau dikenal dengan nama Pulau Vanila memiliki keharuman khas vanila yang menyebar di seluruh area pulau ini.

Dilansir Liputan6, Senin (5/5/2014), ternyata keharuman itu berasal dari seluruh perkebunan vanila yang menguasai lebih dari 80% dari keseluruhan pulau ini. Dengan luas hanya 90,2 kilometer persegi dan total luas lahan perkebunan sebesar 80 kilometer persegi membuat aroma vanila memang dengan mudah menyebar ke sekeliling.

Bahkan, ini bukan aroma vanila biasa, melainkan vanila dari ras French Polinesia yang memang terkenal memiliki keharuman yang murni dan bersih. Berlokasi di area kepulauan French Polinesia, Taha’a hanya memiliki jumlah penduduk sekitar 5 ribu jiwa.

Dengan populasi demikian, para penduduk ini sangat mengandalkan hasil tambahan dari banyaknya kunjungan wisatawan kesana. Selain vanila, Taha’a juga terkenal akan kualitas mutiaranya, dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tak hanya itu, pulau ini juga dikelilingi oleh terumbu karang dan ekosistem laut dari berbagai biota yang indah(nha)