Taiyaki, Camilan Berbentuk Ikan dari Jepang


Jepang memiliki beragam camilan khasnya yang cukup menggugah selera. Salah satunya adalah taiyaki. Seperti apa taiyaki ini? Berikut penjelasannya.

Taiyaki merupakan camilan berbentuk ikan, yang isinya biasanya adalah selai kacang merah. Dalam bahasa Jepang, tai adalah sebutan untuk semua ikan dari familia Sparidae. Disebut Taiyaki, karena dalam proses memasaknya menggunakan loyang untuk memanggang (dalam bahasa Jepang yaki berarti panggang).

Dalam proses masaknya, bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Sementara bahannya seperti halnya adonan untuk dorayaki dan panekuk, yakni dari campuran tepung terigu, gula pasir, bakpuder (baking powder sebagai bahan pengembang), telur ayam, dan air.

Kenapa bentuknya ikan? Dilansir Kompas, Jumat (9/5/2014), konon katanya ikan tai termasuk ikan mahal yang hanya dimakan rakyat Jepang untuk kesempatan istimewa saja. Di samping itu, ikan tersebut juga diyakini sebagai pembawa keberuntungan.

Untuk rasa, kue ini terasa gurih, dengan bagian dalam isinya yang manis, memberi sensasi tersendiri saat di lidah. Beberapa isian yang bisa dipilih adalah selai cokelat, stroberi ataupun custard. Meski demikian, yang paling terkenal adalah isian selai kacang merah, yang merupakan isian asli dari taiyaki.

Bila Anda sedang berkunjung ke Jepang, jangan lupa cicipi camilan yang satu ini. Dijamin Anda akan ketagihan memakannya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak