Penampakan Fenomena Tornado Api Hebohkan AS


Siapa sangka, perjalanan rutin yang dilakukan Janae Copelin sontak berubah menjadi luar biasa. Pasalnya, Copelin menangkap fenomena tornado api atau yang dia sebut ‘firenado’, saat ia sedang melintasi jalan raya di dekat Chillicothe, Missouri, Amerika Serikat.

Tanpa perlu waktu lama, Copelin mengeluarkan ponselnya, memotret, lalu mengunggahnya di jejaring sosial media Instagram.  “Ini adalah hal terkeren atau bisa jadi paling menakutkan yang pernah saya lihat,” tulisnya pada caption yang menyertai foto tersebut.

Meski jarang terjadi, sebenarnya tornado api adalah peristiwa yang umum terjadi di padang rumput luas. Dilansir The Weather Channel, Jumat (9/5/2014), tornado api akan terjadi jika pusaran angin menangkap padang rumput yang tengah terbakar.

Angin yang berpusar akan menjebak api dan memutarnya hingga membentuk lengan api panjang mencapai 30 meter.  Namun berbeda dengan badai tornado yang merusak, diameter firenado sangat kecil dan hanya berlangsung selama beberapa menit.

Hingga saat ini belum pernah dilaporkan adanya korban dari fenomena tornado api. Firenado tidak hanya terjadi di Amerika Serikat, fenomena ini diketahui pernah terjadi di Canberra, Australia, pada 2003 silam.

Terkait hal ini, para peneliti yang menganalisis fenomena tersebut menyebut tornado api terjadi karena proses “pyro-tornadogenesis” yang dipicu panas tinggi serta pusaran angin kuat. (nha)



Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak