VIDEO: Fenomena Unik Pilar Matahari


Mungkin Anda pernah melihat ada seberkas cahaya memasuki jendela rumah Anda ketika ada sinar matahari. Namun pernahkah Anda melihat fenomena serupa namun di luar rumah alias alami? Fenomena tersebut ternyata pernah terjadi di Jepang.

Fenomena tersebut dikenal sebagai light pillar atau pilar matahari. Sekilas dalam video terlihat seperti video manipulasi, tapi ada penjelasan ilmiah di balik semua ini, dan fenomena ini hanya terjadi di negara yang memiliki musim dingin. Pada musim dingin, uap air di udara akan membentuk kristal es heksagonal. Angin akan berhembus berhari-hari sehinggga kristal jatuh. Tapi ketika angin tenang, kristal akan melayang-layang perlahan menuju bumi.

Dilansir Rocketnews24, Kamis (15/5/2014), kristal tersebut bertindak sebagai reflektor jika matahari mengintip dari celah awan. Saat itulah, matahari akan membentuk satu kolom kristal. Kesempatan melihat pilar matahari tertinggi adalah ketika sang surya terbit dan terbenam. Siang hari justru jadi periode terdingin, butuh lapisan pakaian tambahan jika ingin menangkap momentum ini.

Penasaran bagaimana fenomena ini terlihat? Anda bisa lihat video yang direkam oleh Shinji Kawamura di atas, yang diambil di daerah Hokkaido, Jepang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak