Hongeo, Masakan Korea yang Berbau Mirip WC umum


Hongeo merupakan salah satu hidangan khas Korea Selatan yang memiliki aroma mirip WC umum. Hongeo terbuat dari skate sejenis ikan pari yang telah difermentasi selama berhari-hari atau sebulan.

Ikan ini tidak memiliki kandung kemih atau ginjal, sehingga limbah pencernaannya langsung dikeluarkan melalui kulit dalam bentuk asam urat. Meski begitu, warga Korea ternyata lebih suka menyantap daging ikan pari yang sudah difermentasi.

Para nelayan akan menimbun puluhan ikan pari segar di dalam sebuah lemari es. Lalu, membiarkan mereka di sana selama berhari-hari atau kadang-kadang sampai sebulan, untuk memunculkan aroma “berbeda” pada ikan.

Ketika bau ikan dirasa sudah kuat, skate siap untuk diolah, dengan diiris dan disajikan mentah. roma hongeo yang begitu kuat biasanya akan tinggal selama berjam-jam pada piring, pakaian, serta kulit dan rambut. Hongeo memiliki tekstur yang sangat kenyal dan tulang rawan yang keras, sehingga agak sulit untuk ditelan.

Asal-usul hongeo tidak begitu jelas. Tetapi, para ahli mengatakan bahwa tradisi itu dimulai ketika musim dingin tiba. Meski makanan ini berbau sangat pesing, ada lebih dari 11.000 ton hongeo yang dikonsumsi setiap tahunnya di negara ginseng. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak