Rasakan Surfing Kelas Internasional di Bengkulu

Tahukah Anda? Jika pantai Panjang Kota Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia mempunyai surfing berkelas internasional. Pantai ini memiliki ketinggian ombak 5 meter dan hamparan pasir putih.

Setidaknya, ada 30 spot yang terdapat di sepanjang garis pantai Kota Bengkulu. Beberapa wilayah tersebut memang memiliki hamparan terumbu karang dan tubir atau lubang yang berbahaya.

Cahyadi Kurniawan selaku peselancar yang tergabung dalam Bengkulu Rafflesia Surfing Community (brasco) mengatakan, bahwa potensi spot surfing Bengkulu belum begitu dikenal oleh para surfer internasional.

“Beberapa kali surver manca negara menjajal ombak disini dan mengakui sangat tertantang dan puas berselancar disini,” ujar Cahyadi, seperti dilansir Liputan6, Senin (2/6/2014).

Selain Brasco, ada puluhan surver dalam komunitas Tapak Paderi Surfing Community yang melakukan aktivitas surfing di Pantai Tapak Paderi.

Jika tak ada aral melintang, kedua klub surfing ini bakal menggelar lomba tingkat Internasional pada akhir bulan Agustus mendatang dalam rangkaian kegiatan Bumi Rafflesia Beach Festival.

“Ini momentum untuk mengajak para peselancar internasional datang ke Bengkulu. Beberapa negara bahkan sudah menyatakan bersedia datang. Yang pasti Australia, Selandia Baru dan beberapa peselancar yang biasa main di Bali penasaran untuk menjajal ombak Bengkulu,” tutup Cahyadi. (nha)