VIDEO: Waduh, Masih Balita Sudah Merokok


Sekitar tahun 2010, dunia dihebohkan dengan munculnya video balita umur 2 tahun asal Indonesia bernama Ardi Rizal yang sudah memiliki kebiasaan merokok. Kini, ada satu lagi balita yang umurnya sama dengan Ardi, yang juga sudah memulai kebiasaan merokok.

Tidak seperti Ardi, balita umur 2 tahun asal Tiongkok yang merokok itu tidak diketahui namanya. Dari video yang beredarĀ  di dunia maya, tampak balita itu sedang duduk di kursi sambil menghisap rokok bagaikan orang dewasa. Balita itu terlihat mengernyit saat menghisap rokok namun setelah itu melakukannya lagi dengan nyaman. Dilansir dari Daily Mail, Senin (9/6/2014), lebih mengejutkannya lagi, orang-orang di sekitarnya hanya menonton si balita merokok sambil tertawa tanpa menghentikan aksi itu.

Video itu terungkap melalui situs liveleak.com dan langsung mengundang perdebatan tentang kebiasan orang Tiongkok yang gemar merokok. Sebelum video balita yang merokok ini muncul, sudah ada terlebih dulu seorang balita yang juga berumur 2 tahun bernama Tong Liangliang terpotret diajari merokok oleh keluarganya. Hal itu terlihat dari sang balita yang menyalakan rokok dengan bantuan ayahnya.

Situs Daily Mail juga mengatakan bahwa sekitar 30 persen dari seluruh populasi Tiongkok yang berjumlah 300 juta orang memiliki kebiasaan merokok. Bahkan lebih dari separuh penduduk, atau dengan persentase sebesar 53 persen dari populasi pria dewasa di Negeri Tirai Bambu itu juga merokok. Akhirnya pada tahun lalu pemerintah Tiongkok memberlakukan pelarangan merokok di area publik seperti sekolah dan rumah sakit.

Fenomena ini sebaiknya diadikan pembelajaran untuk para orangtua, khususnya para orangtua yang berada di Indonesia, agar tidak membiasakan merokok, sehingga anak Anda tidak mengikuti kebiasaan orangtuanya yang suka merokok. Seperti yang telah diketahui, merokok berbahaya bagi kesehatan. Untuk orang dewasa saja berbahaya, apalagi untuk anak kecil.

Bagi yang ingin melihat videonya, Anda bisa melihat pada video di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak