4 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Tubuh


Membaca bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenangkan. Melalui membaca kita jadi mendapat pengetahuan dan ilmu baru. Beberapa orang menjadikan kegiatan yang satu ini sebagai rutinitas, namun tak jarang membaca hanya menjadi selingan di waktu senggang saja. Banyak jenis buku yang dapat kita baca, mulai dari koran, novel, majalah, tabloid, dan lain-lain. Tak hanya melalui buku, kini membaca pun bisa dilakukan secara digital yakni dengan menggunakan perangkat seperti smartphone. 

Dikutip dari jawaban.com (Rabu, 11/6/2014). ternyata membaca memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Berikut ini empat manfaat membaca bagi kesehatan tubuh.

1. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer

Membaca merupakan aktifitas yang memerlukan kinerja otak dan mampu mencegah kerusakan kemampuan kognitif (berpikir). Seperti yang dilaporkan oleh Akademi Sains Nasional Amerika Serikat, orang-orang yang sedikit sekali mempergunakan kemampuan berpikir mereka beresiko mengidap penyakit Alzheimer.

Alzheimer adalah kondisi dimana sel-sel saraf di otak mata sehingga sinyal-sinyal dari dan menuju otak sulit ditransmisikan dengan baik.

2. Dapat Mempertahankan Daya Ingat

Membaca adalah kegiatan yang melibatkan kemampuan berpikir, aktifitas ini memiliki dampak untuk mengurangi hilangnya daya ingat hingga 30 persen. Hal ini pun diungkapkan oleh para ilmuwan yang termuat dalam jurnal Neurology yang isinya berupa kesimpulan bahwa orang yang sering membaca memiliki kecenderungan lebih rendah untup dapat mengalami gangguan berpikir di usia tua.

3. Efektif Sebagai Penghilang Stres

Selain kegiatan berolahraga, ternyata memmbaca pun mampu untuk meredakan stres. Penelitian pad atahun 2009 yang dilakukan oleh Dr. David Lewis dari University of Sussex menyatakan bahwa membaca mampu mengurangi stres pada diri Anda dibanding melakukan kegiatan seperti bermain video game, mendengarkan musik, atau berjalan kaki.

4. Mampu Membuat Tidur Lebih Pulas

Untuk Anda yang mengalami kesulitan tidur disarankan untuk lebih sering membaca. Menurut National Sleep Foundation, pemicu seseorang sulit tidur adalah stres. Dengan melakukan kegiatan membaca sebelum tidur karena tubuh akan mengenali aktifitas yang satu ini sebagai sinyal untuk tidur tidak lama lagi. (dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak