Ingin jadi Mumi, Biksu Ini Ikuti Ritual Hilangkan Nyawa


Umumnya, ritual mengawetkan mayat atau kerap disebut dengan mumi berasal dari Mesir. Namun tahukah Anda? Ritual mengawetkan mayat seperti yang dilakukan di Mesir, dilakukan pula di Jepang dengan teknik yang berbeda.

Di Prefektur Yamagata, ada 2 buah mumi biksu yang diawetkan dengan teknik Sokushinbutsu, yang merupakan sebuah ritual menghilangkan nyawa dengan cara-cara khusus agar tubuh tidak membusuk dan dapat menjadi mumi, seperti dikutip dari Amusingplanet.com, Senin (30/6/2014),

Awalnya, budaya ini dipraktikkan oleh seorang pendeta Jepang bernama Kuukai. Sang pendeta melakukan ritual ini selama lebih dari 1.000 tahun di kuil yang terletak di gunung Koya, Prefektur Wakayama.

Kuukai adalah pendiri ajaran Shingon, sebuah ajaran dimana hukuman fisik diterapkan terhadap segala jenis kesalahan. Meski sejarah mencatat ratusan biksu sempat terlibat dalam pelaksanaan Sokushinbutsu, namun hanya belasan biksu yang sukses hingga akhir.

Siapa sangka? Proses ini memakan waktu 10 tahun untuk benar-benar berhasil menjadi mumi. Sokushinbutsu dimulai dengan diet khusus dimana para biksu ini hanya makan kacang dan biji-bijian selama 1.000 hari.

Kemudian, mereka akan melanjutkan diet kedua dengan memakan kulit pohon dan akar-akaran selama 1.000 hari ke depan bersama dengan teh beracun yang dibuat dari getah pohon Urushi.

Di akhir proses ritual tersebut, sang biksu akan dimasukkan ke dalam peti batu dalam posisi lotus (bersila). Pada peti itu dibuatlah sebuah saluran udara dan biksu diberikan sebuah lonceng.

Setiap harinya sang biksu akan membunyikan lonceng untuk memberitahukan kepada orang yang di luar bahwa dia masih hidup. Jika lonceng telah berhenti berbunyi, maka mereka akan segera tahu kalau biksu tersebut telah meninggal.

Setelah 1.000 hari, para biksu lainnya akan membuka peti untuk melihat apakah sokushinbutsu berhasil dilakukan atau tidak. Biksu yang berhasil menjadi mumi akan ditruh di atas altar sebagai potret Budha sambil dikenakan baju yang dipakai selama mereka hidup. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak