FOTO: Fanoos, Lentera Cantik Asal Mesir


Negara Mesir, tepatnya di ibukota Kairo, memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadan. Pada malam hari, Anda bisa melihat segerombolan anak yang pergi dari rumah ke rumah sambil membawa lentera yang beraneka warna. Lentera Ramadan atau fanoos dalam bahasa Arab adalah salah satu simbol dari festival di bulan yang penuh berkah ini.

Dilansir dari cultureeveryday.com, Jumat (4/7/2014), tak ada yang tahu pasti dari mana dan sejak kapan tradisi fanoos untuk pertama kalinya muncul. Ada yang berpendapat bahwa tradisi ini muncul pada jaman Firaun dan perayaan atas kelahiran Dewa Osiris (dewa maut Mesir Kuno). Sementara pendapat lain menyebutkan bahwa lentera ini berasal dari lilin Natal yang dinyalakan oleh kaum Kristen Koptik. Sementara yang lainnya ada yang menyebutkan bawah lentera ini dahulunya digunakan untuk menyambut kemenangan Sultan kembali ke Kairo.

Tapi ada satu legenda yang paling populer tentang asal muasal fanoos ini. Legenda yang paling populer ini menyebutkan bahwa tradisi fanoos berawal ketika seorang penguasa Mesir bernama Al Hakim BiAmr Illah pada abad ke-10 menyuruh semua imam untuk menerangi jalanan Kairo selama Ramadan. Dari manapun asal fanoos ini, tidak bisa disangkal kalau lentera tersebut terlihat cantik di malam hari karena memiliki warna yang beragam.

Meskipun lentera khas Ramadan ini sudah mulai tergusur dengan lentera plastik khas Cina, Anda masih bisa menjumpai para pedagang lentera unik ini di jalanan Mesir. Salah satunya adalah lentera buatan Morsy Abdel Dayem. Morsy Abdel Dayem adalah seorang pembuat lentera Ramadan yang sudah mulai menjadi pembuat lentera sejak usia 15 tahun bekerja dengan cara dan di tempat yang sangat sederhana. Ia cukup duduk di lantai, dengan peralatan yang amat sederhana dan keterampilan yang ia miliki, ia bisa membuat lentera dengan berbagai bentuk, warna, dan tingkat keterangan yang berbeda-beda.

Jadi, jika Anda kebetulan sedang berlibur ke Kairo, Mesir, maka Anda tidak boleh melewatkan festival yang satu ini, karena festival ini hanya terjadi saat bulan Ramadan saja. Seperti apa fanoos ini? Berikut foto-fotonya. (tom)

 

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak