3 Makanan Betawi yang Hampir Punah


Menemukan makanan tradisional khas suatu daerah bisa dibilang sangat sulit menemukannya di tengah gempuran makanan-makanan modern atau makanan barat yang mudah ditemukan dijual di berbagai tempat makan. Seperti kuliner khas Betawi ini, coba saja Anda cari di restoran atau tempat makan sekitar Jakarta, pasti hanya sedikit saja yang menjual makanan tradisional ini.

Dikutip dari Viva (Sabtu, 5/7/2014), inilah tiga makanan khas Betawi yang hampir punah.

1. Roti Buaya

roti buaya

Roti buaya dikenal sebagai penganan kecil yang selalu ada di pernikahan adat Betawi. Roti buaya dalam acara pernikahan Betawi dibuat dalam ukuran besar sepanjang 50 sentimeter. Menurut kepercayaan warga Betawi, buaya merupakan simbol kesetiaan bagi pasangan yang akan menikah, selain itu juga sebagai simbol kemapanan. Namun roti tradisional ini sekarang sudah susah ditemui keberadaannya karena tergusur oleh roti modern model cupcakes atau croissant.

2. Kembang Goyang

kembang goyang

Kue kering yang terbuat dari tepung beras ini juga sekarang sulit ditemui, maka dari itu jangan heran jika banyak warga asli Betawi yang tidak mengetahui cemilan khas Betawi ini. Rasa dari Kembang Goyang ini adalah gurih dan manis. Dinamakan kue kembang goyang karena pada sat memasaknya cetakan digoyang di atas minyak panas.

3. Gabus Pucung

gabus pucung

Masakan khas Betawi ini terbuat dari bahan dasar ikan gabus. Gabus pucung diracik dengan bumbu menyerupai rawon, namun bedanya Gabus Pucung kuahnya lebih kental dan isiannya ikan bukan daging. Namun seiring banyaknya pembangunan di sekitar area sungai, keberadaan ikan gabus untuk membuat masakan ini pun menjadi langka. Masakan khas yang satu ini biasa dihidangkan pada tradisi Betawi Nyorog, tradisi yang biasa dilakukan menjelang bulan puasa, di mana anak memberi hantaran makanan kepada keluarga yang lebih tua.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak