FOTO: Benda Ini Terbuat dari Rambut Lho

siapa sangka benda benda ini terbuat dari rambut manusia0

Bagi wanita, rambut merupakan mahkota yang sangat berharga. Namun, setiap hari kita harus merelakan helaian-helaian rambut rontok dari akarnya karena proses regenerasi. Hal itu biasanya terjadi pada orang berusia lanjut. Namun siapa sangka jika rambut-rambut yang sudah rontok itu ternyata masih bisa dimanfaatkan menjadi karya seni?

Hal itulah yang dilakukan oleh Azusa Murkakmi dan Alexander Groves dari Studio Swine. Mereka membuat berbagai benda yang terbuat dari rambut yang telah rontok. Dilansir oleh fastcodesign.com, Kamis (10/7/2014), untuk proyek terbarunya Studio Swine mengubah sampah rambut manusia menjadi sisir, vas bunga dan berbagai benda yang digunakan sehari-hari.

Studio Swine memang dikenal sebagai studio yang sering membuat benda-benda atau karya seni yang terbuat dari bahan yang tidak biasa. Dalam hal ini, bahan yang digunakan adalah rambut. Dari rambut yang menurut kebanyakan orang tidak bernilai apapun, mereka menyulapnya menjadi benda yang bernilai cukup tinggi.

Alasan studio tersebut memilih bahan rambut sebagai bahan utama untuk karya seni yang mereka buat adalah karena populasi global manusia yang semakin besar, memungkinkan rambut diolah menjadi sumber energi yang berkelanjutan. Selain itu, rambut manusia dianggap tumbuh 16 kali lebih cepat daripada kayu hutan tropis dan memiliki kekuatan yang sepadan.

Dengan percampuran rambut manusia, resin dan pewarna, tiap benda dalam seri ini tampak seperti dibuat dari kayu tropis bahkan tempurung kura-kura yang kokoh, dan tidak terlihat benda-benda karya seni tersebut dibuat dari rambut. Penasaran seperti apa karya Azusa Murkakmi dan Alexander Groves dari Studio Swine tersebut? Anda bisa melihat karya-karyanya di foto di bawah ini. Apakah Anda juga ingin membuat karya dari bahan yang tidak biasa seperti halnya Studio Swine ini? (tom)

rambut 20140707 editor 002
Karya seni dari rambut buatan Studio Swine