Minum Susu Baik untuk Kesehatan Tubuh


Susu merupakan minuman bercita rasa manis yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Dewasa ini, berbagai varian susu pun dapat diperoleh dari hewan seperti sapi, domba, kambing, kuda, keledai, kerbau, unta, dan lain sebagainya.

Biasanya, susu binatang kerap diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Susu mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zincmineral dan lemak. Susu dinilai memiliki fungsi dan manfaat bagi seseorang yang meminumnya.

Paslnya, susu membantu pertumbuhan seseorang, dan menopang tulang agar tidak keropos. Itulah sebabnya, seseorang sangat dianjurkan minum susu.

Nemun, dalam mengkonsumsi susu masyarakat Indonesia dinilai masih rendah dibandingkan negara-negara di kawasan Asia lainnya. Rata â?? rata masyarakat Indonesia mengonsumsi 32 gelas susu per tahun. Idealnya, seseorang membutuhkan 100 liter susu per tahun.

Dr.Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp. GK, ahli spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, susu mengandung semua zat gizi bahan pembangun tubuh yang bisa membantu kesehatan tubuh anak-anak sampai dewasa.

“Mengonsumsi susu secara teratur bagi anak-anak di atas umur setahun bisa membantu pembentukan dan perkembangan fisik dan otak. Selain itu bisa membantu pertumbuhan tulang secara maksimal,” katanya, seperti dilansir Okezone, Kamis (17/7/2014)

Lebih lanjut dr. Fiastuti menjelaskan, mengkonsumsi susu bagi anak-anak dan remaja juga dapat membantu pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak dan pertumbuhan tulang.

Sedangkan, mengkonsumsi susu bagi orang dewasa dan manula dapat mengganti sel-sel yang rusak dan menjaga kepadatan tulang yang sering menjadi masalah saat umur seseorang tak lagi muda.

“Pada saat anak tumbuh, biasanya mereka sangat membutuhkan kalsium untuk tumbuh berkembang. Dengan mengonsumsi susu, kebutuhan kalsium mereka bisa dipenuhi,” tutupnya. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak