Inilah Sumber Air Panas Terbesar di Selandia Baru


Di dunia ini pastinya pemandangan alam dapat membuat kita terpukau akan keindahannya. Pemandangan alam itu bisa gunung, lautan, pantai, maupun gunung. Kali ini, kita akan membahas sebuah pemandangan alam berupa danau yang berada di Selandia Baru.

Danau ini disebut dengan nama danau wajah. Frying Pan Lake alias ‘danau wajan’ berada tepat di Waimangu Volcanic Rift Valley, Selandia Baru. Sesungguhnya, danau tersebut memiliki nama asli Waimangu Cauldron. Nama asli sang danau pun resmi dipakai sejak tahun 1963.

Dilansir Merdeka, Senin (21/7/2014), danau wajan mempunyai luas permukaan 3,8 ha (9,3 hektar), atau juga dilaporkan seluas 38.000 meter persegi. Sedangkan, kedalaman rata-rata air panas adalah 6 meter (19,6 kaki), tetapi di beberapa tempat mencapai kedalaman hingga 20 meter (65,6 kaki).

Namun sayang. tak banyak orang yang tahu mengenai nama resmi danau air panas ini. Disebut danau wajan karena permukaan airnya yang dipenuhi asap layaknya panci penggorengan yang dipanaskan di atas kompor.

Meski tergolong unik, Frying Pan Lake termasuk salah satu sumber air panas terbesar di dunia. Walaupun permukaan airnya yang dipenuhi asap tampak menakutkan, sebenarnya suhu air danau sendiri tidak terlalu panas.

Pasalnya, asap yang membumbung di atas danau berasal dari gumpalan-gumpalan gas yang terlepas dari air. Menurut Atlas Obscura, awalnya danau wajan ini terbentuk karena letusan gunung berapi Tarawera pada tahun 1886.

Akibat letusan itu, terjadilah gempa bumi dahsyat yang mengguncang daerah Rotorua. Selain gempa bumi, terjadi pula waimangu geyser (air panas yang kuat) di daerah tersebut.

Namun, pada tanggal 1 November 1904, waimangu geyser punah akibat tanah longsor. Lantaran gempa itu, maka terbentuklah daerah yang sekarang dikenal sebagai Waimangu Volcanic Rift Valley beserta cekungan yang disebut Frying Pan Lake. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak