5 Film yang Teknologinya Kini Menjadi Nyata


Hingga kini sudah banyak film-film bertema fiksi ilmiah yang diproduksi oleh Hollywood, yang di dalamnya memeprlihatkan teknologi canggih yang biasanya tidak ada dalam dunia nyata. Meski demikian, ternyata ada beberapa teknologi dalam film tersebut yang sudah dikembangkan di dunia nyata. Film apa saja? Berikut 5 filmnya, dilansir dari Merdeka, Sabtu (26/7/2014).

1. Eagle Eye

Eagle Eye
Eagle Eye

Dalam film ini, ada sebuah teknologi yang bisa memata-matai siapapun yang dikehendakinya. Dalam dunia nyata, ternyata teknologi seperti itu sudah ada. Teknologi itu dimiliki oleh Amerika Serikat dan bernama PRISM. Dalam film, disebutkan kalau teknologi mata-mata itu bisa juga digunakan untuk memeras seseorang, namun hal itu masih belum terlihat di PRISM. Lalu apakah nantinya negara Amerika Serikat juga akan hancur karena teknologi buatan mereka sendiri itu, seperti dalam film?

2. Mission Impossible

Mission Impossible
Mission Impossible

Jika Anda adalah penggemar film ini, tentunya mengetahui kalau film ini dipenuhi dengan teknologi-teknologi canggih, yang sekilas tidak masuk akal dan dianggap tidak akan ada di dunia nyata. Salah satunya adalah teknologi “Self Destruct” atau penghancuran diri sendiri. Baru-baru ini, sebuah tim yang terdiri dari ilmuwan dan dipimpin oleh John A. Rogers memiliki rencana untuk mengembangkan teknologi tersebut. Dalam proyek ini, Rogers mengembangkan sebuah chip yang dapat langsung terurai saat bersentuhan dengan air. Apabila chip tersebut telah tercipta, maka dia dan timnya akan mengembangkan sebuah gadget atau ponsel yang akan hancur dengan sendirinya saat selesai digunakan. Untungnya ledakan yang dihasilkan itu tidak membahayakan nyawa manusia.

3. Iron Man

Iron Man
Iron Man

Dalam film ini banyak teknologi tinggi yang diperlihatkan pada kita, seperti baju besi, intelijensi buatan dan reaktor Arc. Baju besi Iron Man itu ternyata sudah mulai dikembangkan, walaupun tidak seperti filmnya. Baju besi yang dinilai paling dekat dengan Iron Man adalah XOS2 (exos). Baju ini memungkinkan para tentara untuk mengangkat beban hingga 70 kg dengan mudah dan bahkan mematahkan empat lapis kayu hanya dengan satu pukulan.

4. Terminator

Terminator
Terminator

Film ini menampilkan robot-robot yang digunakan untuk menghancurkan lawan-lawannya. Teknologi dari film Terminator tersebut ternyata sudah hadir saat ini dengan wujud robot militer yang ditugaskan khusus untuk kebutuhan di medan perang. Robot inipun dirancang dengan ‘otak’ yang pintar sehingga bisa menentukan keputusan sendiri ataupun dari kendali jarak jauh dalam kondisi peperangan.

5. Minority Report

Minority Report
Minority Report

Film yang dibintangi Tom Cruise ini menampilkan teknologi komputer dimana penggunanya tidak perlu menyentuhnya dan hanya menggunakan gestur tangan saja. Teknologi komputer dengan layar transparan dan dioperasikan dengan menggunakan gesture atau gerak tangan tersebut sudah menjadi nyata. Coba saja lihat Kinect pada mesin konsol Xbox 360, atau SmarTV milik Samsung. Walaupun perangkat-perangkat tersebut masih belum terintegrasi dengan media transparan, namun secara perlahan sudah ada pengembangan teknologi ke arah sana. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak