Yuk, Rasakan Legitnya Camilan Khas Aceh


Aceh adalah salah satu kota di Indonesia yang terletak di ujung utara pulau Sumatera. Aceh juga termasuk ke dalam provinsi paling barat di Tanah Air. Mayoritas penduduk Aceh beragama Islam. Tak heran jika kota ini sangat kental dengan nilai dan budaya Islam.

Jika Anda berkunjung ke Aceh, jangan lewatkan untuk melihat pesona kota ini di setiap sudut. Layaknya kota lain di Indonesia, Aceh juga memiliki beragam objek favorit yang bisa menarik perhatian wisatawan asing maupun dalam negeri.

Selepas berjalan-jalan ke kota ini, Anda jangan sampai kelewatan untuk mencicipi masakan khas Aceh untuk mengisi perut. Jika Anda sudah mencoba masakan khas Aceh, pasti akan ketagihan dan ingin menambah lagi.

Pasalnya, masakan tersebut menggunakan bumbu-bumu khas Aceh dengan berbagai banyak rasa, seperti Asam sunti, pliku dan lain sebagainya. Maka tak heran jika hidangan bercita rasa lezat, enak, dan nikmat.

Berbicara hidangan khas Aceh, kali ini kita akan membahas sebuah camilan bernama Tumpoe. Sekedar informasi, Tumpoe merupakan kue khas Aceh yang ada saat perayaan tertentu. Makanan ini sendiri berjenis kue yang terbuat dari adonan tepung, pisang, santan, gula dan garam dengan takaran tertentu.

Kemudian, Tumpoe dibentuk sesuai selera seni masing-masing. Setelah dibentuk, Tumpoe pun digoreng hingga masak. Warna setelah masak akan berubah menjadi gelap. Lalu, Tumpoe disajikan dengan ketan kuning maupun ketan putih.

Tumpoe selalu disajikan pada acara adat di Aceh yaitu Peusijuek alias Tepungtawari. Peusijuek di Aceh sendiri merupakan ritual kebiasaan yang sering dilaksanakan pada hal yang baru. Acara ini terdiri dari pesta perkawinan, sunatan, masuk rumah baru, kendaraan baru, turun tanah anak bayi dan sebagainya.

Bagaimana? Anda ingin mencoba Tumpoe khas Aceh? (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak