Don't be Captious

Unik, Ada Pemandian Air Soda di Desa Parbubu

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Mandi di air laut sudah biasa, mandi di air panas juga sudah biasa. Tapi bagaimana rasanya mandi di kolam air soda? Itulah yang ditawarkan di pemandian air soda yang terletak di Desa Parbubu, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Air yang ada di sini memang mirip air soda dan tempat ini merupakan salah satu dari dua kolam soda yang ada di dunia.

Pemandian air soda
Pemandian air soda

Dilansir dari Utiket, Kamis (7/8/2014), kolam air soda ini sering di sebut Aek Rara oleh masyarakat setempat. Sumber air soda ini pertama kali ditemukan oleh seorang bidan bernama O Tobing Sihite. Ditemukan tanpa sengaja. Jadi menurut cerita saat mencangkul, tiba-tiba keluar air dari dalam tanah. Ternyata air yang keluar berbeda dengan air pada umumnya. Rasa dan aromanya pun mirip dengan soda. Barulah pada tahun 2004 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menjadikan kolam air soda ini sebagai salah satu objek wisata.

Pemandian air soda
Pemandian air soda

Berendam di dalam air soda ini tentu berbeda dengan air biasa. Rasanya seperti menggigit di badan serta berbusa. Airnya tidak lengket dan terasa sedikit asin. Berendam di kolam air soda ini dapat membuat badan seakan lebih ringan. Tapi awas jangan sampai kena mata, karena air soda ini bisa membuat mata terasa perih.

Pemandian air soda
Pemandian air soda

Serunya lagi kolam pemandian air soda ini berbatasan langsung dengan hamparan persawahan dan dikelilingi oleh perbukitan, sehingga Anda bisa berendam sembari menikmati pemandangan yang hijau dan menyejukkan mata.

Pemandian air soda
Pemandian air soda

Bagi Anda yang ingin datang ke pemandian air soda ini, Anda harus membayar dulu untuk bisa berendam di sini. Jangan khawatir, harganya tidak mahal, yaitu hanya Rp 7 ribu saja per orangnya. Kapan lagi Anda bisa berendam di air soda tanpa jauh-jauh pergi ke pemandian air soda lainnya yang ada di Venezuela? Anda cukup berada di negeri sendiri untuk bisa merasakan berendam air soda. (tom)

Latest article