Kaviar, Telur Ikan Seharga Ratusan Juta Rupiah


Mungkin Anda pernah melihat makanan bernama kaviar di televisi, atau bahkan Anda lebih beruntung bisa melihat dan memakannya secara langsung. Kaviar merupakan makanan dari telur ikan berwarna bening hitam atau oranye dari ikan sturgeon yang sudah diproses dan digarami. Penganan ini memiliki tekstur renyah dan gurih dengan aroma amis yang menyengat.

Penghasil telur ini adalah ikan sturgeon yang sturgeon yang habitatnya di air tawar dan laut, tergantung spesiesnya. Ikan yang dapat tumbuh hingga panjang 3,6 meter dan berat satu ton ini umumnya hidup di bumi bagian utara, sehingga untuk mendapatkannya tidaklah mudah.

Berbeda dengan telur ikan lain, kaviar kerap dipasarkan sebagai makanan mewah dan hanya digunakan sebagai pelengkap untuk makanan lain. Kaviar hitam banyak ditemui di laut Kaspia di Azerbaijan, Iran, Rusia, dan Kazakstan. Sedangkan jenis telur ikan dengan harga paling mahal mahal yakni varian Beluga, Ossetra, dan Sevruga.

Dilansir dari Dream.co.id, Jumat (8/8/2014), Proses untuk mendapatkan telur yang berkualitas, cita rasa, ukuran, kekenyalan, warna dan kandungan gizinya yang tinggi menjadikan kaviar hanya tersedia di restoran mewah saja. Harga kaviar dapat mencapai Rp 1,4 miliar per kilogramnya, namun umumnya kaviar dipasarkan dalam kemasan kaleng dalam kondisi dingin.

Ada dua istilah yang dikenal untuk membedakan kaviar berkualitas. Istilah ‘malassol’ merupakan kaviar berkualitas tinggi dengan kandungan garam kurang dari 5%, dan ‘payusnaya’ untuk kaviar dengan kandungan garam 10%.

Sebagai penganan dengan harga selangit, ada hal penting yang harus diperhatikan saat menghidangkan kaviar. Untuk menjaga cita rasa dan kualitas dari kaviar ini, sebaiknya hindari peralatan makan yang terbuat dari stainless steel dan perak, serta lebih baik menggunakan bahan makanan bermaterial kayu, kaca dan plastik. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak