Inilah Hidangan Khas Karibia yang Terbuat dari Katak


Berbagai menu masakan yang terbuat dari ayam memang menggugah selera makan kita. Apalagi hidangan itu berupa ayam goreng, ayam bakar, dan lain sebagainya. Pastinya, Anda akan sangat lahap dalam mencicipi makanan tersebut. Namun, masih tergodakah Anda jika melihat menu yang satu ini.

Sebuah hidangan yang berasal dari Karibia menggunakan hewan yang langka sebagai bahan utamanya. Seperti dilansir Merdeka, Selasa (12/8/2014), hidangan ini bernama ayam gunung. Pasti Anda berfikir bahwa bahan utamanya adalah ayam. Namun kenyataannya berbeda. Masakan ini terbuat dari Leptodactylus fallax atau kodok parit raksasa.

Katak ini hidup di Dominika dan Montserrat, Kepulauan Karibia. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai ayam gunung lantaran ukurannya yang besar yakni seukuran ayam kecil. Hidangan ini memiliki tekstur yang mirip dengan daging ayam.

Katak besar ini acapkali dimasak dengan cara digoreng atau dijadikan campuran sup daging. Tahukah Anda? Katak parit ini merupakan hewan langka. Itulah sebabnya, Karibia ingin mencoba berinovasi dalam mengolah hidangan.

Akibat kelangkaannya, katak ini diberi label terancam punah oleh IUCN. Populasi katak ini menurun hingga 80% dalam tahun-tahun terakhir karena perburuan massal. Saat ini, diperkirakan hanya 8.000 ekor katak saja yang tersisa di dunia.

Terkait hal ini, Pemerintah Montserrat telah mengimbau kepada warganya untuk menghentikan perburuan terhadap katak parit raksasa. Jika katak ini selalu diburu secara liar bagaimana mereka bisa bertahan hidup nantinya. Semoga saja perburuan liar ini segera berakhir. Sehingga para katak dapat merasakan hidup di alam bebas tanpa adanya campur tangan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terlepas dari itu semua, apakah Anda masih tertarik mencoba rasa lezar dari menu ayam gunung ini? Jika ya, buang semua rasa takut atau geli Anda terhadap bahan utamanya yakni katak ya. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak