Ekstremnya Menyalib Diri Saat Paskah di Filipina


Paskah merupakan salah satu perayaan penting bagi umat Kristen di seluruh penjuru dunia. Bagi umat Kristen sendiri, Paskah diidentikan dengan Yesus dan dipercaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan juga di kuburkan, kemudian pada hari ketiga, Yesus bangkit diantara orang mati.

Masing-masing negara memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam merayakan hari Paskah, namun di Filipina ada sebuah tradisi unik sekaligus ekstrem serta menyeramkan dalam menyambut hari Paskah.

Di Filipina, belasan pengikut agama Kristen Katolik yang taat akan mengikuti sebuah tradisi dengan menapaktilas kembali kisah penyaliban Yesus Kristus. Filipina sendiri memang merupakan salah satu negara dengan penganut Katolik Roma terbesar di Asia Tenggara.

Dilansir dari Asia Calling, Jumat (15/8/2014), pada Jumat Agung setiap tahunnya, ribuan orang datang ke Pampanga untuk menonton drama jalanan berdurasi dua jam tersebut. Drama jalanan ini dinamakan Via Crucis atau Jalan Salib. Pada hari itu para pengikut setia Kristen Katolik ini sengaja memaku kaki dan tangan mereka pada salib kayu, sementara yang lainnya akan mencambuk dirinya sambil berjalan tanpa mengenakan alas kaki melewati desa-desa yang dipercaya sebagai ungkapan permohonan ampun atas dosa-dosanya.

Namun memang tradisi ekstrim yang tiap tahun dilaksanakan ini masih menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Banyak pihak termasuk para pastur yang menyayangkan mengapa tradisi ini terjadi secara turun temurun. Bahkan gereja Katolik pun menolak tradisi ini dengan alasan masih banyak cara lain untuk menebus dosa, misalnya dengan terlibat dalam proyek amal pada saat sebelum Paskah, seperti pergi ke penjara, mengunjungi rumah sakit dan juga berbagai panti asuhan setempat daripada melakukan tradisi yang ekstrim dan menyakitkan ini.

Di Indonesia sendiri ritual Jalan Salib biasanya dilakukan saat prosesi perayaan Semana Santa di kota Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Namun ritual di Indonesia ini tidak seekstrem yang dilakukan di Filipina. Mereka menyalib diri hanya dengan mengikat tangan mereka pada kayu salib. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak