VIDEO: Motor Ternyata Bisa Berjalan di Atas Air


Tentunya Anda sudah tidak asing atau bahkan memiliki salah satu alat transportasi bernama sepeda motor. Hanya saja menggunakan motor tidak begitu menyenangkan saat banjir. Kalau saja motor bisa berjalan di atas air, maka pengguna sepeda motor bisa melalui banjir dengan mudah. Mengendarai sepeda motor di atas permukaan air, tentu adalah hal yang sangat sulit bisa dilakukan atau hampir mustahil. Tapi semua itu ternyata bisa dilakukan.

Dilansir dari situs media online khusus sepeda motor, Motorcycly.com, Minggu (17/8/2014), salah satu sebuah program televisi terpopuler di Amerika, MythBuster, membuat sebuah episode unik, di mana sebuah sepeda motor dapat berjalan di atas air.

Acara hiburan yang dibintangi Adam Savage dan Jamie Hynema ini membuktikan secara ilmiah kalau sepeda motor bisa berjalan di atas permukaan air tanpa menggunakan pelampung ataupun modifikasi motor. Tapi untuk melakukan aksi tersebut bukanlah perkara mudah. Pasalnya, agar bisa terlihat melayang di atas permukaan, dibutuhkan momentum yang tepat, yaitu motor harus dipacu dengan sangat cepat sebelum menyentuh permukaan air, yang disebut dengan Hydroplaning.

Hydroplaning adalah kondisi yang terjadi saat air terakumulasi pada ban suatu kendaraan. Pada dasarnya permukaan ban selalu dapat menapak pada permukaan jalan karena menahan bobot kendaraan. Jika kendaraan dikendarai dengan kecepatan tertentu, maka tekanan ban pada jalan akan berkurang. Di sisi lain, air meskipun terlihat sangat encer namun memiliki viskositas (kekentalan) tertentu sehingga membutuhkan waktu untuk mengalir atau berpindah tempat sekalipun mendapatkan tekanan yang cukup besar (sebesar bobot sebuah kendaraan tersebut). Jika motor melaju dengan kecepatan tertentu maka sebagian air yang tidak sempat dipindahkan oleh permukaan ban akan tetap tertahan di bawah ban membentuk lapisan tipis tetapi cukup untuk menahan permukaan ban motor, sehingga motor dapat bertahan di permukaan

Tidak disebutkan di mana lokasi syuting dalam salah satu episode acara MythBuster tersebut, hanya saja motor tersebut memang sempat berjalan di atas permukaan air di sebuah danau, dengan jarak lebih dari 10 meter, sebelum akhirnya tenggelam juga.

Anda bisa menyaksikan bagaimana motor itu bisa berjalan di atas air pada video di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak