Perpaduan Ketan Susu dan Teh Poci Khas Kemayoran


Bagi warga Jakarta, khususnya Anda yang tinggal dikawasan Kemayoran, pastinya tak asing lagi dengan makanan Ketan Susu atau yang disingkat Tansu. Kini, makanan ini memiliki tempat tersendiri bagi para pecinta kuliner Ibukota.

Jika ingin mencicipi Tansu ini, Anda bisa datang ke warung yang terletak di Jalan Garuda Ujung, RW 08, letaknya di dalam gang dekat gapura jalan. Seperti dilansir Kompas, Selasa (19/8/2014), warung yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an mempunyai menu utama yaitu ketan kukus dengan parutan kelapa dan susu kental manis.

Kurang lengkap sepertinya jika memakan tansu tanpa meneguk minuman segar. Tenang saja, warung ini telah menyediakan teman makan tansu berupa teh poci. Sama halnya dengan teh poci di daerah lain, minuman segar yang dijual di warung ini beraroma wangi dan selalu dihidangkan ketika panas. Cita rasa teh poci ini sepet, legi, dan kentel (kental).

Sebenarnya, teh poci adalah minuman khas dari daerah Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes dan sekitarnya. Namun, Jakarta pun ikut menjajakan minuman favorit orang Indonesia ini. Poci yang terbuat dari tanah liat merupakan ciri khas dari minuman ini. Cara membuat teh poci tergolong mudah. Anda hanya perlu memasukkan teh tubruk dan air mendidih ke dalam poci. Setelah matang, teh pun siap untuk dituang ke dalam gelas.

Meski warungnya sudah dikenal oleh lapisan masyarakat Jakarta, namun warung ini memiliki kekurangan dalam hal penyajiannya teh poci. Warung ini memakai gula pasir dalam membuat teh poci. Umumnya, teh poci disajikan dengan gula batu, Namun hal itu tak menjadi persoalan lantaran cita rasa teh poci ini masih enak di lidah.

Selain teh poci dan ketan susu, warung tansu ini juga menjual tempe goreng yang sangat lezat. Untuk menikmati sepaket ketan susu, teh poci, dan empat potong tempe goreng, pembeli hanya perlu membayar sebesar Rp 11.000. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak