Terungkap! Ternyata Ini si Pelukis Kaleng Khong Guan


Anda tentu sudah tak asing lagi dengan biskuit Khong Guan beserta gambar yang terdapat pada kalengnya. Khong Guan beserta lukisan yang terdapat pada kalengnya adalah suatu legenda. Dari dulu hingga sekarang pihak produsen biskuit ini tidak mengubah desain kemasan maupun bentuk kalengnya. Gambar lucu atau “meme” tentang Khong Guan pun banyak beredar di internet.

Namun tahukah Anda siapa orang yang berjasa dibalik gambar yang ada pada kaleng Khong Guan yang melegenda? Misteri itu akhirnya terkuak, setelah sekian lama biskuit ini muncul baru sekarang pelukisnya diketahui, orang tersebut adalah Bernardus Prasodjo. Identitasnya terungkap berkat putranya, Andreas Prasadja yang memposting foto sang ayah di akun Facebook-nya.

Dikutip dari kapanlagi.com (Kamis, 21/8/2014), Bernardus merupakan seorang alumnus yang tidak lulus Fakultas Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung. Bernardus hany sempat berkuliah selama dua jam karena banyaknya orderan pekerjaan yang datang padanya.

Awal mula dia menjadi pelukis Khong Guan adalah ketika Bernardus pindah ke Jakarta dan bekerja sebagai tukang gambar di perusahaan sparasi warna. Dari pekerjaannya itu, Bernardus mendapat orderan untuk membuat ilustrasi kaleng biskuit Khong Guan yang muncul pertama kali pada tahun 1971. Pihak perusahaan memberikan Bernardus sebuah contoh gambar hitam putih di atas kertas lusuh. Gambar tersebut adalah ibu dan dua anak yang memutari meja. Dari contoh gambar yang diterima, kemudian Ia melukis ulang menggunakan cat air.

Produsen biskuti Khong Guan pun puas dengan hasil karya Bernardus, ia pun kemudian mendapatkan tawaran lagi untuk menggambar bungkus wafer Nissin dan produk Hero zaman dulu. Semua karyanya dibuat manual menggunakan kertas dan cat air.

Seiring perkembangan zaman yang makin canggih, bakat Bernardus pun mulai tersingkirkan karena kini desain lebih mudah menggunakan teknologi. Hingga awa 2000-an beliau mulai berhenti dari pekerjaannya.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak