Lagu ‘Loca’ Milik Shakira Langgar Hak Cipta?


Saat ini, penyanyi seksi Shakira tengah diterpa kasus yang cukup serius. Pasalnya, lagu milik Shakira yang berjudul Loca diklaim telah melanggar hak cipta. Diduga, lagu wanita asal Kolombia ini menjiplak karya penyanyi pria Ramon Arias Vazquez. Permasalahan ini awalnya ditemukan oleh Hakim Distrik Amerika Serikat yakni Alvin Hellerstein.

Seperti dikutip dari laman Digital Spy, Jumat (22/8/2014), Hellerstein mengatakan bahwa terdapat kesamaan alunan antara lagu Loca Shakira dengan lagu milik Ramon Arias. Meski demikian, hingga saat ini pihak manajemen Arias belum secara resmi mengajukan gugatan atas pelanggaran yang terjadi.

Lagu Loca dalam versi Bahasa Spanyol didendangkan oleh Shakira dengan rekan duetnya Edward Edwin Bello Pou atau lebih dikenal dengan El Cata. Loca resmi dirilis pada tahun 2010 silam. Kala itu, Loca sempat menjadi hits hingga sukses menduduki puncak tangga lagu Amerika Latin. Tak tanggung-tanggung, lagu Loca berhasil terjual hingga lima juta kopi.

“Terdapat suatu perselisihan dimana lagu Loca versi Shakira tersebut sama berdasarkan versi El Cata. Dengan demikian, saya menemukan bahwa siapa pun yang menulis lagu Shakira tersebut secara tidak langsung telah menjiplak lagu dari Arias,” ujar Hakim Hellerstein.

Di sisi lain, lagu Loca Con Su Tiguere ternyata lebih dulu diciptakan oleh Ramon Arias di tahun 1990an. Namun, El Cata dengan tegas mengklaim bahwa Loca adalah lagu murni yang ia ciptakan sendiri, tanpa menjiplak karya orang lain.

Terkait kasus ini, Pengadilan New York resmi mengeluarkan putusannya pada 19 Agustus silam. Akan tetapi, pihak pengadilan belum mengumumkan berapa kerugian yang harus dibayar pihak Shakira atas perkara lagu Loca. Hingga berita ini diturunkan, baik Shakira ataupun El Cata belum memberikan berkomentar perihal kasus tersebut. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak