Perjalanan Film Saw dari Masa ke Masa


Selama lebih dari setengah dekade, setiap bulan Oktober memiliki arti tersendiri bagi para penggemar film horror-slasher. Karena pada saat itulah dirilisnya seri “Saw” terbaru. Para penggemar film horor “Saw” di Amerika Serikat agaknya pada bulan Oktober nanti bakal kembali berbondong-bondong ke bioskop untuk menonton film favorit mereka yang sempat berhenti berlanjut pada 2010 silam, karena seperti dikabarkan sebelumnya, film pertama dari “Saw” akan dirilis ulang di bioskop.

Seperti yang telah diketahui, “Saw” terdiri dari tujuh seri, yang semuanya jelas menampilkan adegan sadis Jigsaw membunuh para korbannya. Meski demikian, film ini tetap memiliki penggemarnya sendiri. Bahkan film ini mampu mendapatkan keuntungan yang cukup besar dibandingkan dengan budget awal pembuatan film ini. Seperti apakah perjalanan film ini hingga bisa menjadi tujuh seri? Berikut pemaparannya.

Menghentak bioskop pada bulan Oktober 2004 lalu, film “Saw”, karya pertama dari James Wan yang datang dari antah berantah mampu mencetak pendapatan besar. Walaupun dibuat dengan budget kecil, sekitar USD 1 juta atau sekitar Rp 11 miliar, akan tetapi film tersebut berhasil mendapatkan lebih dari USD 100 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun nilai saat ini. Melihat banyaknya uang penghasilan dari film tersebut, Lionsgate segera membuat lanjutannya.

Disutradarai oleh Darren Lynn Bousman, sekuelnya, yaitu “Saw II” mampu menghasilkan uang lebih banyak di seluruh dunia dibandingkan dengan pendahulunya. Tren masih berlanjut di “Saw III” yang dirilis pada tahun 2006 lalu. Dalam dua seri berikutnya, yaitu “Saw IV” dan “Saw V” perubahan mulai terjadi, pendapatan mereka sedikit menurun, walaupun masih menghasilkan di atas USD 100 juta.

Malapetaka justru datang di tahun 2009, saat film “Saw VI” jeblok di pasaran, walaupun film ini mendapat ulasan paling positif dari keseluruhan seri. Setelah menyadari bahwa ini adalah saatnya untuk mengakhiri cerita, Lionsgate akhirnya mengeluarkan “Saw 3D: The Final Chapter” pada tahun 2010. Rumor berkembang akan ada rilisan kedelapan, akan tetapi hal tersebut tidak terjadi sampai sekarang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak