VIDEO: Project Wing, Drone Pengantar Barang ala Google


Anda sering beli barang via online? Apakah Anda terkadang merasa kesal karena kiriman barang telat akibat pengantar barangnya terjebak macet di jalan? Sepertinya hal itu kini bisa dihilangkan, karena Google sudah mengembangkan sebuah pesawat tanpa awak, atau sering disebut sebagai drone, untuk mengantar barang pesanan konsumennya pada hari yang sama.

Nama pesawat tanpa awak atau drone buatan Google itu bernama Project Wing. Dalam pengujian fase pertama, Google telah melakukan sejumlah tes dan tercatat sudah 30 penerbangan yang dilakukan oleh drone itu. Dilansir dari Stuff.co.nz, Jumat (5/9/2014), uji coba penerbangannya itu dilakukan dengan mengirimkan drone ke Queensland, Australia, dan telah berhasil mengirimkan barang-barang seperti kotak P3K, permen dan air pada para petani di sana.

Drone ala Google itu terbilang unik, karena meski berbentuk pesawat bersayap tetap layaknya pesawat biasa, namun bisa melakukan take off dan landing secara vertikal layaknya helikopter. Setelah drone itu mencapai ketinggian tertentu, barulah ia akan bergerak secara horizontal.

Saat drone itu mencapai koordinat yang dituju, ia akan kembali melayang seperti helikopter, dan menurunkan barang kiriman menggunakan semacam kabel. Setelah itu, kabelnya akan kembali tergulung, dan drone pun kembali ke tempat asalnya.

Pesawat tanpa awak buatan Google ini memiliki lebar sayap 5 meter dengan empat baling-baling yang sejajar dan digerakan dengan tenaga listrik. Namun para insinyur Google juga menyadari bahwa Project Wing ini masih belum siap untuk dikomersialkan atau digunakan oleh pemerintah.

Sebelumnya, pada tahun 2013, situs jual beli internasional Amazon sudah lebih dahulu mengembangkan pesawat tanpa awak untuk mengantarkan barang pesanan kepada konsumennya. Namun pada akhirnya tidak lama berlangsung. sebuah lembaga yang mengatur regulasi dan keamanan penerbangan sipil Federal Aviation Administration (FAA) menolak untuk memberikan izin terkait peraturan penerbangan.

Anda bisa melihat video drone buatan Google ini pada video di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak