Ackee, Makanan Pokok Jamaika yang Beracun


Buah-buahan biasanya memiliki vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun buah yang satu ini berbeda, karena tergolong buah beracun. Namun anehnya, buah ini justru dijadikan makanan pokok. Buah apa ini?

Buah itu bernama Ackee. Buah yang satu ini bentuknya mirip apel, berasal dari Afrika dan terkenal beracun. Tetapi orang-orang dari benua itu justru gemar mengonsumsinya sebagai makanan pokok. Ackee adalah buah eksotik yang hanya bisa tumbuh di benua Afrika. Buah ini banyak dijumpai di negara-negara Afrika barat seperti Kamerun, Gabon, Benin, Pantai Gading, Ghana, Nigeria, dan Senegal.

Ackee sebenarnya masih bersaudara dengan buah lengkeng dan leci, serta merupakan buah yang umum dikonsumsi sebagai makanan pokok oleh orang Jamaika. Penggunaan ackee dalam kuliner Jamaika sangat sering ditemui. Bahkan, dilansir dari jis.gov.jm, Sabtu (6/9/2014), ackee diklaim sebagai buah nasional Jamaika. Ackee bisa dimakan dalam keadaan matang maupun mentah. Hidangan ackee yang paling populer adalah ackee rebus disajikan dengan ikan cod yang sudah diasinkan. Menu ini juga disebut-sebut sebagai hidangan nasional Jamaika.

Salah satu masakan yang dihasilkan dari buah ackee
Salah satu masakan yang dihasilkan dari buah ackee

Racun buah ini terdapat di dalam biji buah ackee yang berwarna hitam dan tersembunyi dibalik daging buahnya. Biji buah ini mengandung hypoglycin yang bisa mengakibatkan mual dan muntah akut. Dalam kondisi terburuk racun ini dapat membuat orang koma atau meninggal dunia.

Meski demikian, selama ini orang-orang Jamaika yang mengkonsumsi buah ini tidak pernah dikabarkan terkena racun dari buah ini. Tampaknya orang-orang Jamaika sudah ahli dan berpengalaman dalam mengolah buah ini agar racunnya tidak sampai membahayakan orang yang mengkonsumsinya.

Sama seperti umbi gadung dari Indonesia, sebenarnya jika diolah dengan benar, racun hypoglycin dalam ackee bisa dinetralisir. Sebelum dimasak, ackee harus dibersihkan dan dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Buah ackee kemudian direbus selama kurang lebih lima menit. Setelah airnya dibuang, ackee bisa diolah sesuai selera.

Apakah Anda tertarik mencicipi buah beracun ini? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak