Cano Cristales, Sungai 5 Warna di Kolombia


Umumnya, sungai di dunia ini memiliki warna kecokelatan. Namun, ada lho sungai yang memiliki warna selain cokelat. Tak tanggung-tanggung, sungai ini punya lima warna sekaligus. Menarik bukan? Sungai ini bernama Cano Cristales. Letak sungai unik ini di dekat Kota La Macarena, Kolombia.

Seperti dilansir dari BBC Travel, Rabu (10/9/2014), Cano Cristales disebut-sebut sebagai satu-satunya sungai di dunia yang punya air berwarna-warni. Adapun warna air sungai ini adalah merah, biru, kuning, oranye dan hijau.

Tahukah Anda? Awalnya wilayah di sekitar sungai ini dijadikan sebagai basis para pemberontak pemerintah Kolombia. Akhirnya, pihak militer Kolombia membuka jalan dan menjamin keamanan turis di radius 30 km dari sungai tersebut.

Seseorang harus menempuh jalan sulit untuk bisa sampai ke sungai ini. para turis harus naik pesawat dari Kota Bogota, ibukota Kolombia menuju La Macarena yang punya bandara kecil. Lalu, perjalanan dilanjutkan dengan naik mobil dan trekking menelusuri hutan.

Tak sedikit pengunjung yang mengatakan bahwa Cano Cristales adalah sungai pelangi. Warna hijaunya berasal dari lumut, warna birunya dari pantulan langit di permukaan air dan warna merah berasal dari spesies tanaman endemik atau alga Macarenia clavigera yang menempel di bebatuan sungai.

Sayangnya, kelima warna dari sungai ini cuma bisa dilihat pada bulan Juli sampai Desember. Pasalnya, periode itu temperatur udara cukup untuk menghangatkan lumut dan alga di sungainya. Dari bulan Januari sampai Mei, Cano Cristales ditutup untuk umum. Hal ini dimaksudkan agar ekologi di tempat itu bisa beristirahat.

Apabila Anda memasuki area sungai ini, diharapkan menaati peraturan yang dibuat penduduk setempat, di antaranya dilarang berenang, menginjak lumut atau alga, dan minum minuman beralkohol di pinggir sungai. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak