7 Kuliner Ekstrem Asal Perancis


Makanan atau kuliner dari Perancis kadang bisa dikatakan sebagai makanan paling lezat. Kuliner Prancis terkenal karena rasanya yang kaya dan penyajiannya yang indah dan berkelas. Namun, di antara kuliner Perancis yang lezat, ada juga kuliner yang tergolong ekstrem. Dilansir dari Kukulen, Selasa (16/9/2014), berikut adalah 7 kuliner ekstrem asal Perancis.

1. Ortolan

Ortolan
Ortolan

Masakan yang terbuat dari burung memang tidak aneh. Tetapi lain ceritanya kalau yang dimakan adalah burung langka. Burung ini sebelum dipanggang harus mengalami obesitas terlebih dulu, lalu ditenggelamkan di dalam minuman keras hingga mati. Makanan ini termasuk makanan kontroversial karena menyiksa hewan.

2. Canard a la Rouennaise

Canard a la Rouennaise
Canard a la Rouennaise

Secara harfiah artinya bebek dalam saus darah. Cara pembuatan masakan ini cukup mudah. Seekor bebek dipanggang hingga setengah matang, kemudian dagingnya diiris dan disajikan di atas piring. Tubuh bebek yang tersisa tadi kemudian diletakkan di alat pres kemudian diperas hingga semua darah dan cairan tubuhnya keluar. Jadilah saus darah yang kental. Kemudian saus tadi disiramkan ke daging bebek yang sudah disiapkan.

3. Cuisses de grenouille

Cuisses de grenouille
Cuisses de grenouille

Makanan ini sekilas seperti daging ayam, namun sebenarnya adalah kaki katak. Makanan ini populer dalam kuliner Cajun. Biasanya disajikan dengan cara digoreng. Kemudian disajikan dengan saus atau dengan taburan rempah daun.

4. Tete de Veau

Tete de Veau
Tete de Veau

Tete de Veau dalam bahasa Indonesia berarti kepala anak sapi. Hidangan ini memang dibuat dari kepala anak sapi utuh. Kepala sapi yang sudah dibersihkan direbus dengan rempah-rempah hingga lunak. Begitu sudah matang diiris-iris seukuran satu suapan kemudian disajikan dengan hidangan pelengkap berupa setup sayuran dan saus. Biasanya disajikan bersama roti Prancis.

5. Foie Gras

Foie Gras
Foie Gras

Foie Gras adalah hidangan mewah Perancis yang dibuat dari hati angsa. Yang menjadikan makanan ini kontroversial bagi sebagian orang adalah cara pembuatannya terkesan menyiksa hewan. Untuk mendapatkan hati angsa berukuran besar, angsa dipaksa makan banyak-banyak hingga hati dan saluran cernanya membengkak. Setelah angsa mati kekenyangan kemudian hatinya diambil dan dijadikan masakan.

6. Escargot

Escargot
Escargot

Makanan ini terbuat dari sejenis siput yang dimasak bersama saus kehijauan. Sebelum dimasak, cangkang siput biasanya diisi dengan rempah dan mentega terlebih dahulu. Hidangan ini biasa disajikan sebagai makanan pembuka di restoran-restoran Perancis.

7. Boudin Noir

Boudin Noir
Boudin Noir

Boudin Noir artinya sosis hitam. Makanan ini adalah salah satu varian sosis darah atau puding hitam khas Perancis. Terbuat dari cincangan daging babi dan darah babi yang dimasak hingga kering dan berubah warna menjadi hitam. Boudin noir Biasanya disajikan dengan potongan kentang, bawang bombay, dan irisan apel. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak