Suka Surfing? Rasakan Ombak 7 Hantu di Riau


Jika biasanya kegiatan berselancar atau surfing dilakukan di atas ombak di lautan. Tapi tidak untuk tempat berselancar yang ada di Riau ini. Di Riau, Anda bisa merasakan serunya berselancar di atas sungai. Menarik bukan?

Dikutip dari indonesia.travel (Sabtu, 27/9/2014), Sungai Kampar bisa dijadikan tempat baru bagi peselancar ini terletak di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Yang menjadi sungai ini kian menarik adalah gelombang pasang yang dimilikinya bernama gelombang Bono yang dikenal juga sebagai gelombang tujuh hantu.

Gelombang Bono adalah fenomena alam yang terjadi akibat dari arus pasang air laut dan air sungai. Fenomena ini hanya terjadi pada saat bulan purnama yang terjadi bulan Agustus hingga Desember.

Dinamakan gelombang tujuh hantu karena gelombang ombak yang dihasilkan bisa mencapai tujuh lapis gelombang berturut-turut, gelombang ini bahkan bisa menciptakan kubah laut.

Biasanya gelombang ombak bisa dilihat dengan jeda waktu beberapa menit saja, tapi tidak dengan gelombang Bono ini, gelombangnya akan bergulung-gulung dengan jeda waktu yang lama bisa hingga 2 jam lamanya.

Saking hebatnya gelombang Bono, tidak disarankan untuk peselancar pemula berselancar di gelombang Sungai Kampar ini. Kemunculan gelombang ini dapat menyebabkan banjir di desa yang ada di dekatnya. Desa Teluk Meranti merupakan desa yang paling sering terkena dampak gelombang Bono.

Sudah banyak peselancar kelas dunia berselancar merasakan keganasan dari gelombang Bono. Disarankan bagi Anda yang mau merasakan hebatnya gelombang ini, Anda harus menjadi seorang yang profesional atau ditemani oleh orang yang ahli dan menguasai medan.

Tidak disarankan untuk mengunjungi sungai ini saat kondisi sedang pasang, karena bisa berbahaya untuk mengarunginya. Untuk Anda yang ingin datang ke Sungai Kampar, bisa melakukan perjalanan darat dari Pekanbaru, Riau, dan memakan waktu perjalanan sekitar 6-7 jam.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak